Kamis, 26 November 2020  
Otonomi / Pemprov Riau Berupaya Sinergikan Regulasi Gambut
Pemprov Riau Berupaya Sinergikan Regulasi Gambut

Otonomi - - Kamis, 27/04/2017 - 13:09:14 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) soal pengelolaan gambut akan disergikan Pemprov Riau. Diharapkan penerapan regulasi itu tidak merugikan pembangunan daerah dalam pengembangan komoditi perkebunan.

"Mengenai Permen LHK ini, karena merupakan keputusan pemerintah pusat, kita akan coba sinergikan kembali. Bukan mengevaluasi karena gambut juga perlu diperhatikan," jelas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Masperi, di Pekanbaru, Rabu (26/4/17).

Guru Besar Universitas Riau, Prof Almasdi Syahza, menyebutkan regulasi pengelolaan gambut bertujuan baik, yakni mencegah kebakaran lahan gambut. Hanya saja, poin yang mengatur ketinggian muka air setinggi 0,4 meter sulit dipraktikan di lapangan. "Regulasi gambut ini akan merugikan masyarakat di daerah pesisir," kata Syahza.

"Karena itu Universitas Riau akan menjembati kedua pihak yang berfokus ke lingkungan dan pemanfaatan, dan pemerintah tidak mungkin memukul rata semua daerah, hanya beberapa kawasan saja," tambahnya.

Sebelumnya Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Provinsi Riau berharap pemerintah mengevaluasi PP No 57/2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut dan empat Permen LHK yang menjadi turunannya. "Regulasi itu berpengaruh pada bisnis kelapa sawit," kata Ketua Gapki Riau, Saut Sihombing.

Menurutnya, poin yang mewajibkan lahan gambut dengan kedalaman lebih dari tiga meter harus diubah menjadi hutan lindung akan menghancurkan sektor perkebunan di Riau. Pasalnya, dari 3,8 juta ha lahan gambut di Riau sekitar 75 persen merupakan gambut dengan kedalaman di atas tiga meter. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved