Jum'at, 16 November 2018  
Otonomi / Tol Pekanbaru-Dumai sudah Terbuka 20 Kilometer
Tol Pekanbaru-Dumai sudah Terbuka 20 Kilometer

Otonomi - - Rabu, 20/09/2017 - 11:27:49 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Meski terkendala pembebasan lahan seluas 13 hektar atau 113 persil, namun progres Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, sudah signifikan. Sudah sekitar 20 kilometer jalan bebas hambatan ini terintis.

Pantauan dari udara menggunakan helikopter dari ketinggian 250 kaki, pembangunan jalan bebas hambatan itu terlihat jelas. Tampak sudah 20 kilometer jalur sudah dibuka, bahkan sebagian jalan sudah ada dalam pengerasan.

Lebih ke atas dari Pekanbaru, pengerjaan tol terputus tepatnya di bagian Perawang, Tualang, Siak. Namun jalurnya sudah dibuka, hanya saja belum ada kegiatan pembangunan di lokasi itu karena persoalan lahan. Sayangnya, saat itu tidak ada aktivitas alat berat bekerja, memang terlihat tanah sedikit lembab.

Menanggapi itu, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pada dasarnya progres Jalan Tol Pekanbaru-Dumai berjalan cukup baik dan tidak ada persoalan. Hanya saja ada sebagian lahan belum dibebaskan, namun dalam proses peralihan kepemilikan lahan.

"Setelah dilepas kepemilikannya, baru nanti diserahkan ke Kementerian PUPR. Proses ini biasa untuk menyiapkan administrasi ke pemerintahan. Itu kan tak masalah hanya soal administrasi aset saja," katanya, Selasa (19/9/17).

Sebelumnya diberitakan, pimpinan Proyek PT Hutama Karya (HK), Bambang Hedrarto, mengatakan, pada dasarkan proyek jalan bebas hambatan itu berjalan terus meski ada beberapa persil lahan di konsesi Chevron menjadi penghambat.

"Proyek jalan terus. Yang saya heran itu, di Pekanbaru dan sekitarnya intensitas hujannya luar biasa, sehingga menjadi penghambat pekerjaan. Tapi kita tetap jalan, sekarang sudah sampai Kandis sudah buka jalurnya," kata Bambang.

Dari 131 kilometer jalan tol Pekanbaru-Dumai yang akan dibangun, Bambang mengatakan hingga saat ini pekerjaan sudah sepanjang 21 km, dari titik 0 Muara Fajar, Pekanbaru sampai Kandis, Siak.

"Kalau dari Muara Fajar sampai Minas itu progresnya sudah cukup signifikan, namun belum diaspal, semua dalam proses," pungkasnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved