Jum'at, 16 November 2018  
Otonomi / Peserta CAT CPNS Nyaris Lulus Passing Grade Diupayakan Ikut Tes Lanjutan
Peserta CAT CPNS Nyaris Lulus Passing Grade Diupayakan Ikut Tes Lanjutan

Otonomi - - Rabu, 07/11/2018 - 13:33:22 WIB

SELATPANJANG, situsriau.com - Kabar gembira bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang melamar di instansi lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.

Bagi peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) beberapa waktu lalu, namun belum lulus passing grade akan diupayakan untuk mengikuti tes lanjutan, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hal itu akan dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Meranti ke BKD Provinsi Riau, terkait minimnya peserta CPNS yang lulus dalam tes CAT SKD beberpa waktu lalu. Rapat yang diinisiasi BKD provinsi tersebut akan melibatkan seluruh BKD dari seluruh kabupaten/kota se-Riau.

"Pihak BKD Provinsi Riau akan menggelar rapat untuk mencari solusi terkait minimnya peserta yang lulus SKD kemarin," ujar Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian BKD Kepulauan Meranti, Said Sholahuddin, Selasa (6/11/18).

Said Sholahuddin, mengatakan, permasalahan minimnya peserta yang lulus SKD bukan hanya terjadi di Meranti saja. Hal itu juga terjadi di daerah lain di Riau, bahkan juga di Indonesia.

"Kita akan tetap minta dan mengupayakan peserta yang nilainya nyaris lulus passing grade diikutsertakan dalam tes lanjutan yakni SKB," kata Said Sholahuddin.

Jika tidak, terang Said, sudah dipastikan ratusan jabatan pada formasi di Kepulauan Meranti kosong. Selain itu, juga banyak peserta yang hanya kurang 2 poin bahkan satu poin tidak lagi bisa mengikuti tes lanjutan, karena total nilai ambang batas minimal untuk formasi umum sudah ditentukan yakni 298, di mana terdiri dari 140 Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 75 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Jumlah jabatan dari 225 formasi yang lulus belum kami inventarisir. Tapi lebih dari seratus yang pasti kosong," lanjut Said.

Seperti diketahui, tes SKD diikuti sebanyak 2.704 peserta dari 2.961 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Sedangkan 219 di antaranya didiskualifikasi oleh Tim Pansel BKD lantaran tak hadir dalam tes. Sedangkan yang lulus hanya 38 peserta.

Mereka yang lulus tersebut terdiri dari 20 tenaga teknis, 11 tenaga guru, dan 7 tenaga kesehatan. Sedangkan jumlah ideal yang sesuai formasi, tenaga teknis sebanyak 70 orang, tenaga guru formasi umum 92 orang, K2 1 orang, dan tenaga kesehatan sebanyak 62 orang. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved