Rabu, 27 Maret 2019  
Otonomi / ASN Riau yang Menolak Dipecat Dipersilahkan Lapor ke PTUN
ASN Riau yang Menolak Dipecat Dipersilahkan Lapor ke PTUN

Otonomi - - Selasa, 08/01/2019 - 17:00:24 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Dari 22 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau yang dipecat ada beberapa yang menolak. Badan Kepagawaian Daerah (BKD) mempersilahkan jika ASN melapor ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Hal itu diungkapkan Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Senin (7/1/19) di ruang kerjanya. Menurutnya, pemecatan itu  sudah inkrah putusan pengadilan terhadap kasus tindak pidana korupsi, berkasnya sudah dikirimkan ke Kemendagri, KPK dan KemenPAN-RB.

"Namun dari jumlah itu ada satu ASN yang menyatakan keberatan untuk diberhentikan. Memang benar berkas pemberhentian itu sudah kami kirimkan ke 3 menteri tersebut, tapi ada yang tidak mau dan mengembalikan lagi berkas itu ke BKD," ujar Ikhwan.

Dia mengatakan, upaya pengembalian berkas tersebut sia-sia sebab berdasarkan keputusan inkrah pengadilan, pihaknya melakukan usulan pemberhentian ASN sebagai PNS. Dengan demikian hak-hak sebagai PNS diputuskan meskipun ada penolakan.

Selanjutnya, pihaknya mempersilahkan kepada ASN yang merasa dirugikan dengan kebijakan pemberhentian sebagai PNS ini, untuk mengajukan gugatan ke PTUN. Apalagi jika ASN tersebut merasa sangat dirugikan dan keputusan yang sudah diambil, dia rasa bisa dipulihkan kembali.

"Itu hak mereka (gugatan PTUN), enggak masalah. Mungkin mereka (ASN) ada celah untuk memulihkan kembali. Kamipun kalau memang gugatan mereka menang di PTUN, bisa dibuka kembali hak-haknya sebagai PNS. Ini hanya terkait soal pemberhentian mereka saja," kata Ikhwan Ridwan, dikutip tribun.

Untuk diketahui, Ikhwan menjelaskan selain 22 ASN yang sudah inkrah putusan pegadilan diajukan pemberhentian status sebagai PNS, masih akan menyusul sekitar 12-15 orang untuk kasus yang sama, yakni tindak pidana korupsi. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved