Selasa, 12/11/2019  
Otonomi / Suhu Madinah Capai 47 Derajat Celcius, JCH Riau Diminta Banyak Minum
Suhu Madinah Capai 47 Derajat Celcius, JCH Riau Diminta Banyak Minum

Otonomi - - Rabu, 10/07/2019 - 11:24:39 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Riau diingatkan untuk benar-benar memperhatikan kondisi cuaca di Arab Saudi yang saat ini sangat panas. Demi menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, jamaah diminta banyak minum dan memakai peralatan pelindung diri.

Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Dahlan menuturkan, dengan kondisi cuaca panas, jamaah diminta tak bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Caranya, memakai berbagai peralatan yang bertujuan melindungi diri dari sengatan matahari.

"Jadi kalau keluar itu harus tetap pakai topi, payung," ujar Dahlan dari Madinah, melalui sambungan telepon seluler, Selasa (9/7/19) sekitar pukul 15.18 WIB.

Dahlan menuturkan, cuaca di Madinah saat ini berkisar 38-47 derajat celcius dengan kelembapan rendah. Kondisi ini jika tidak diantisipasi akan menimbulkan gangguan kesehatan berupa dehidrasi sehingga dapat mengganggu aktivitas ibadah.

Karena itu para petugas PPIH, ketua kelompok terbang (kloter) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) mengimbau jamaah agar memperhatikan kesehatan. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi air putih 100 mililiter per jam atau sebatas gelas setiap sejam selama beraktivitas.

"Jamaah agar mengurangi kegiatan di luar gedung, diminta menggunakan masker dan sering dibasahkan serta banyak minum air putih," katanya seperti dikutip situs resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau.

Ia menambahkan, pihak Arab Saudi berupaya mengantisipasi cuaca panas tersebut dengan mengembangkan payung setiap hari di Masjid Nabawi, Madinah. "Bahkan untuk mengurangi panasnya, ditambah dengan kipas yang disertai semprotan airnya," terang Dahlan.

Hingga kemarin, JCH asal Riau masih terus diberangkatkan ke Tanah Suci. Kemenag Riau menyebut JCH dari tiga kabupaten/kota kemarin tiba di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau di Pekanbaru sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

JCH yang kemarin masuk asrama yakni dari Kabupaten Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Pekanbaru. JCH paling banyak dari Inhu yakni 242 orang, kemudian Meranti 90 orang, ditambah Pekanbaru 28 orang, dan sebanyak lima orang tergabung dalam PPIH, TPIHI, TKHD/TPHD.

Ketiga rombongan JCH dari tiga kabupaten/kota itu nantinya akan berangkat setelah melalui proses karantina selama 15 sampai 16 jam di asrama haji. Kelompok JCH ini tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Batam (BTH) dan diberangkatkan pada Rabu (10/07) pukul 03.00 WIB dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menuju Batam yang lanjut diterbangkan ke Tanah Suci. (sr5, in)





Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved