Minggu, 17 November 2019  
Otonomi / Riau akan Bebas dari Asap Bila Perilaku Masyarakat Berubah
Riau akan Bebas dari Asap Bila Perilaku Masyarakat Berubah

Otonomi - - Selasa, 05/11/2019 - 16:24:08 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Kepala BNPB RI Letjen Donni Munardo memberi Kuliah Umum pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Riau (Unri), Selasa (5/11/19).

Kuliah Umum ini mengangkat tema "Solusi Permanen Bencana Asap Sekaligus Penyelesaian Akar Masalah Bencana Asap di Provinsi Riau".

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letjen Donni Munardo menyampaikan apa yang harus dilakukan supaya Riau bisa terbebas dari asap. Menurutnya, saat ia datang pada tanggal 5 Februari lalu, ia merasa senang diajak ke Kantor BPBD, karena BPBD Riau semangat dalam membebaskan Riau dari asap.

"Tapi yang jadi masalah di sini, saya melihat yang memiliki kontribusi dan semangat untuk membebaskan Riau dari asap hanya BPBD Riau saja. Lalu apa kontribusi kita orang perorang agar dapat membebaskan Riau dari asap?" tanyanya.

Untuk membebaskan Riau dari asap, lanjutnya, tidak bisa hanya bergantung pada Kepala Daerah, BPBD Riau dan Satgas saja, tetapi harus ada dukungan dari seluruh pihak.

"Makanya ke depan untuk adik-adik mahasiswa supaya bisa ikut andil dalam membebaskan Riau dari asap atau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kalau perlu nanti sewaktu program KKN usulkan kepada Rektor dan Dosen Pembimbing untuk memprioritaskan bagaimana bisa mengajak masyarakat supaya tidak ada lagi yang membakar," sebutnya di halloriau.

Ditambahkannya, berbicara membakar adalah bicara manusia, untuk merubah kebiasaan ini dibutuhkan sebuah komitmen yaitu merubah perilaku. Bila belum bisa merubah perilaku atau kebiasaan masyarakat yang melakukan pembakaran lahan dan hutan, maka masyarakat Riau akan sulit mengatasi asap ini.

"Perubahan perilaku ini juga membutuhkan support semua pihak termasuk stake holder. Baik Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Budayawan. Semuanya harus kita ajak dan ikut sertakan. Semoga seluruh masyarakat yang ada di daerah-daerah itu memiliki kesadaran dan mau merubah perilakunya serta dapat menimbulkan kepeduliannya terhadap hutan," terangnya. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved