Selasa, 12/11/2019  
Otonomi / Pemko Dumai Klaim Stunting Paling Sedikit di Wilayahnya Banding Daerah Lain di Riau
Pemko Dumai Klaim Stunting Paling Sedikit di Wilayahnya Banding Daerah Lain di Riau

Otonomi - - Jumat, 14/02/2020 - 06:23:08 WIB

DUMAI, situsriau.com - Pemerintah Kota Dumai mengklaim bahwa angka stunting Dumai terendah se-Riau.

Januari hingga Desember 2019 jumlahnya kurang dari 1 persen atau 290 orang anak dari total jumlah penduduk se Kota Dumai.

Angka tersebut diketahui dari data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Dari data yang di rilis oleh Dinas Kesehatan Riau, angka Stunting Dumai terendah di Riau. Januari hingga Desember 2019 jumlahnya kurang dari 1 persen atau 290 orang anak dari total jumlah penduduk se Kota Dumai," kata walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi usai Pertemuan Intevensi Terpadu dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kota Dumai, Rabu (12/22/20) di Hotel The Zuri Dumai. 

Meski angka Stunting terendah di Riau, Zul As mengaku prihatin masih ditemukan Stunting di Dumai. 

"Angkanya (Stunting) memang rendah namun saya prihatin masih ada ditemukan Stunting. Artinya masih ada anak-anak yang gagal tumbuh akibat kurang gizi," terangnya.

Dijelaskan walikota, data dari Dinas Kesehatan Dumai di tahun 2019 ada 78 kasus stunting. 

Masing-masing di Kecamatan Bukit Kapur ada 25 kasus, Kecamatan Sungai Sembilan ada 23 kasus, Kecamatan Dumai Barat ada 21 kasus, Kecamatan Dumai Selatan ada 9 kasus dan Kecamatan Dumai Timur ada 1 kasus.

Karenanya ia meminta kepada seluruh stakeholder untuk lebih serius mengatasi masalah stunting. Karena menyangkut masa depan anak-anak Kota Dumai.

"Ke depan kita harus melakukan pencegahan sejak awal. Misalnya saja bekerjasama dengan KUA dalam hal penyuluhan pranikah bersama Puskesmas. Termasuk pemenuhan gizi sejak bayi masih dalam kandungan. Karena kasus stunting ini bisa ditekan dengan pencegahan sejak pra nikah," paparnya.

Terakhir Zul As mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Dumai menghimbau kepada instansi terkait dan pihak-pihak yang berkompeten dibidangnya masing-masing untuk bergandeng tangan menyelesaikan masalah Stunting.

Sebab kasus ini kalau dibiarkan akan menjadi masalah besar bagi peningkatan kualitas dan kesejahteraan penduduk kota Dumai ke depan. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved