Senin, 17/12/2018  
Lingkungan / Lahan Seluas Enam Hektare di Area Kampus Universitas Riau Terbakar
Lahan Seluas Enam Hektare di Area Kampus Universitas Riau Terbakar

Lingkungan - - Jumat, 19/08/2016 - 09:11:18 WIB

PEKANBARU, situsriau. com - Kebakaran lahan di dalam Kota Pekanbaru kembali terjadi. Kali ini lahan seluas 6 hektar  yang berada di area Universitas Riau, Kampus Panam, di Jalan HR Soebrantas Kota Pekanbaru, Kamis (18/8/16) siang terbakar.

"(Kebakaran) di dalam lahan kampus. Sekitar enam hektar yang terbakar," kata Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi di Pekanbaru.

Ia mengatakan kebakaran lahan pertama kali terpantau sekitar pukul 10.00 WIB pagi. Mendapati adanya lahan yang terbakar di Universitas yang ia pimpin, pihaknya kemudian berusaha melakukan pemadaman dengan petugas dan sejumlah mahasiswa dengan peralatan seadanya.

Namun, cuaca Kota Pekanbaru yang cukup panas membuat api semakin membesar sehingga didatangkan petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru.

Aras mengaku dirinya tidak mengetahui penyebab kebakaran tersebut. "Penyebabnya tidak tahu. Tiba-tiba api dari "Main Stadium" (Stadion Utama)," ujarnya.

Keberadaan Universitas Riau dan Stadion Utama memang berdekatan. Bahkan, Stadion Utama yang merupakan stadion sepak bola terbesar di Sumatera itu dari pantauan berada satu kawasan dengan universitas di Riau tersebut.

Sementara itu, dengan adanya kebakaran lahan yang terjadi Universitas Riau, Aras mengatakan sejauh ini tidak mengganggu aktivitas perkuliahan. "Aktivitas di Kampus tidak terganggu dan berjalan dengan baik," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, lokasi kebakaran merupakan kawasan hutan sekunder atau dikenal sebagai Arboretum. Kawasan tersebut banyak ditumbuhi beragam pohon.

Lebih jauh, guna penanggulangan kebakaran di wilayah tersebut, Satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau telah mengerahkan satu unit pesawat Air Tractor. Pesawat tersebut telah memuntahkan sebanyak 3.100 liter ke lokasi kebakaran.

Kebakaran lahan yang melanda sejumlah Provinsi Riau meluas hingga ke pinggiran Kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Riau Ujung, Kecamatan Payung Sekaki. Seluas 8 hektare lahan di lokasi tersebut pada pekan lalu terbakar.(sr5, bs)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved