Rabu, 18 Juli 2018  
Lingkungan / Karhutla Riau Mulai Meluas, Petugas Berjibaku Padamkan Api
Karhutla Riau Mulai Meluas, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Lingkungan - - Rabu, 11/04/2018 - 09:47:28 WIB

ROHIL, situsriau.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau mulai meluas. Di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Karhutla sudah mencapai 260 hektar.

Kepala Kepolisian Resor Rohil, Ajun Komisaris Besar Polis Sigit Adi Wuryanto mengatakan, dari 260 hektar lahan gambut yang terbakar tersebut, 250 hektar di antaranya berada di Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, sedangkan 10 hektar berlokasi di PT Johanes Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih.

"Pelaku masih dalam lidik, sementara lokasi lahan yang terbakar dipasang police line," kata Sigit yang memimpin langsung pemadaman itu, seperti dilansir Antara, Selasa (10/4/18).

Ia mengatakan, khusus di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan upaya pemadaman dilakukan dengan menurunkan tim gabungan Karhutla dari Polres Rohil dan Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan, serta dibantu TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Masyarakat Peduli Api, Menggala Agni bersama masyarakat setempat.

"Dari Polri sendiri dikerahkan sebanyak 50 personel. Sedangkan dari TNI, BPBD Rohil, Menggala Agni dan masyarakat masing-masing 10 personel," sebutnya.

Dalam pemadaman itu, peralatan yang digunakan berupa satu unit truk, lima unit kendaraan roda empat, dan 12 unit kendaraan roda dua. Kemudian dua unit mesin shibahura, dua unit mesin kohrel, lima unit mesin mini straiker, satu unit mesin robin dan 64 gulung selang.

Untuk lokasi PT Johanes di Kepenghuluan Rantau Bais, terakhir pukul 17.00 WIB, Senin (9/4/18), api telah padam dan hanya menyisakan asap. "Tidak menutup kemungkinan bila angin kencang api akan kembali menyala," tuturnya.

Selain di Rohil, Karhutla terjadi di Kota Dumai. BPBD Riau menyatakan dua unit helikopter jenis Super Puma hingga kemarin masih terus berupaya melakukan pemadaman.
     
"Operasi pengeboman air di Dumai masih terus dilakukan. Titik api cukup sulit dijangkau melalui jalur darat," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur.
 
Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kota Dumai terjadi sejak akhir pekan lalu. Hingga kemarin, Gafur mengatakan, luas lahan yang terbakar di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur tersebut dilaporkan meluas hingga 100 hektar.

Untuk itu, fokus pemadaman dilakukan di kota yang berlokasi di pesisir Riau tersebut dengan menggunakan Super Puma bantuan perusahaan kertas, Sinarmas Group. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved