Minggu, 21 April 2019  
Lingkungan / Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Tinggi
Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Tinggi

Lingkungan - - Selasa, 26/03/2019 - 10:58:02 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat terhadap potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia. Gelombang tinggi berpotensi terjadi hingga Hari Kamis (28/3/19).

"BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu waspada," kata BMKG dari siaran resminya dilansir republika.co.id, Senin (25/3/19).

BMKG memantau adanya Siklon tropis Veronica (952 hPa) di Samudera Hindia barat laut Australia dan pola tekanan rendah 1009 hPa di Samudera Pasifik timur laut Papua. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud, Samudra Pasifik Utara Halmahera, Laut Sulawesi, Laut Maluku.

Selain itu, juga terdapat daerah konvergensi di daerah Selat Karimata, dan Laut Jawa. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

BMKG pun meminta mastarakat mewaspadai sejumlah wilayah yang berpotensi terkena gelombang tinggi 2,5-4 meter (tinggi). Di antaranya di Samudra Hindia Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, Perairan Selatan Kupang-Pulau Rote, Laut Sawu, dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga NTT.

Sedangkan, gelombang tinggi dengan kisaran 1,25-2,5 (sedang) juga terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Gelombang tinggi berpotensi juga terjadi di Laut Selatan Jawa selama beberapa hari ke depan. BMKG Cilacap dalam peringatan dini yang dikeluarkan menyebut cuaca buruk berpotensi di laut selatan hingga 28 Maret 2019 mendatang.

"Tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap hingga Yogyakarta berpeluang mencapai kisaran 2,5-4 meter. Ketinggian gelombang ini cukup membahayakan bagi aktivitas kelautan," jelas Kepala Stasiun (BMKG) Cilacap, Teguh Wardoyo.(sr5, in)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved