Selasa, 12/11/2019  
Lingkungan / Banjir Terus Meluas, 1.940 Rumah Terendam, Jalan Lintas Rohul-Bengkalis Putus
Banjir Terus Meluas, 1.940 Rumah Terendam, Jalan Lintas Rohul-Bengkalis Putus

Lingkungan - - Minggu, 15/12/2019 - 06:45:20 WIB

PASIR PENGARAIAN, situsriau.com - Banjir kembali melanda Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Banjir saat ini terus meluas dan tercatat sudah merendam sebanyak 1.940 rumah warga di 5 desa.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pemerintah Kecamatan Bonai Darusalam, banjir saat ini telah merendam sebanyak 863 rumah di Desa Sontang, 119 rumah di Desa Kasang Padang, 668 rumah di Desa Bonai, 140 rumah di desa Kasang Mungkal, dan 150 rumah di Desa Teluk Sono, dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter sampai 2 meter.

"Ini sudah hari ke 3 pasca banjir sebelumnya surut. Luapan air hari ini terus meningkat dan sudah masuk ke rumah-rumah warga," cakap PLT Camat Bonai Setiyono, Sabtu (14/12/19).

Dikatakan Camat, saat ini terdapat 2 keluarga yang sudah mengungsi ke tenda pengungsian di Kantor Camat Bonai Darussalam karena rumah mereka sudah digenangi air cukup tinggi.

"Namun sayangnya, sebagian besar warga di 5 desa masih tetap bertahan di rumah mereka meskipun air banjir sudah masuk ke rumah dengan ketinggian 50 centimeter," jelasnya.

Pemerintah Kecamatan Bonai Darusalam, juga sudah meminta bantuan dari Pemkab Rohul dalam untuk penanganan korban banjir mengingat luasnya daerah yang terdampak banjir.

Apalagi banjir di Kecamatan Bonai Darussalam diperkirakan akan terus meningkat mengingat banjir yang terjadi di Sumatera barat yang mengalir ke Sungai Rokan Kiri dan peningkatan debet air di Sungai Sosah yang juga mengalir ke Kecamatan Bonai Darusalam.

"Warga saat ini sangat membutuhkan bantuan seperti perahu untuk evakuasi, makanan, selimut dan air bersih. Selain itu warga juga sangat butuh obat-obatan dikarenakan sudah banyak warga yang menderita sakit," ujarnya.

Selain merendam permukiman dan perkebunan sawit warga, banjir juga menggenangi jalan lintas Provinsi Riau ruas Rohul-Bengkalis di Desa Sontang setinggi 70 centimeter sehingga sulit dilewati kendaraan.

Bahkan dari informasi warga, Jalan lintas yang berada di Desa Kasang Padang dan Bonai nyaris putus karena digenangi air banjir yang cukup tinggi.

Sementara itu Kepala Desa Sontang, Zulfahrianto, salah satu desa terparah terdampak banjir di Kecamatan Bonai Darusalam mengatakan, banjir yang terjadi tahun ini merupakan banjir terparah.

"Banjir sudah merendam permukiman warga yang sebelumnya tidak pernah terendam banjir. Selain itu air banjir juga sudah masuk ke fasilitas umum seperti sekolah, masjid dan surau-surau suluk, meskipun konstruksi bangunannya sudah dibuat panggung," jelas pria yang akrab disapa Anto Sontang itu.(sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved