Kamis, 29 Oktober 2020  
Lingkungan / Sempat Viral, Akhirnya Ikan Pesut Tersesat di Sungai​ Segati Pelalawan Dievakuasi
Sempat Viral, Akhirnya Ikan Pesut Tersesat di Sungai​ Segati Pelalawan Dievakuasi

Lingkungan - - Senin, 21/09/2020 - 08:39:03 WIB

PANGKALAN KERINCI, situsriau.com - Setelah sempat viral, akhirnya satu ekor pesut yang merupakan satwa langka perairan Indonesia ini, dievakuasi dari habitatnya di Sungai Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, oleh Tim Koordinasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Riau, Sabtu (19/9/20).

"Tim evakuasi terdiri dari BBKSDA, Animal Aid Network (Tim Dolphin Project) dari Jakarta, Balai Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Riau," ujar Kabid BBKSDA Wilayah I Riau Andre Hansen Siregar, di lokasi evakuasi Langgam.

Dalam penjelasannya Ia menyebutkan kemungkinan adalah satu ikan pesut ini terpisah dari kelompoknya saat memasuki perairan Sungai Kampar.

"Kebiasaan ikan spesies ini selalu dalam kelompok. Jadi terpisah karena disorientasi solar atau keadaan yang berbeda dengan kebenaran yang terjadi, sehingga kerap menyebabkan kebingungan," tuturnya.

Ikan pesut yang dievakuasi tersebut saat ini berada dalam keadaan sehat dan seluruh evakuasi berjalan lancar.

"Saat ini pesut itu mendapat perlakuan khusus beberapa menit agar tidak stres dalam pengangkutan menuju pelepasan," ungkapnya.

Usai mendapat perawatan beberapa saat, selanjutnya satwa langka ini dibawa ke lokasi pelepasliaran dengan memakai perahu motor.

"Sebaik dilepas, pesut tersebut langsung berenang menuju arah ke hilir sungai Kampar. Semogalah makhluk itu menemukan kelompoknya," kata Hansen mengakhiri.(sr5, rm)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved