Jum'at, 16 November 2018  
Pendidikan / Riset: Kamar Bercat Terang Bikin Konsentrasi Anak Lebih Baik
Riset: Kamar Bercat Terang Bikin Konsentrasi Anak Lebih Baik

Pendidikan - - Jumat, 01/07/2016 - 19:09:33 WIB

JAKARTA, situsriau. com - Ternyata, warna cat kamar anak bisa mempengaruhi kemampuannya dalam belajar.

Baru-baru ini, sebuah studi dari Australia menemukan bahwa warna cat kamar anak berkaitan dengan kemampuan anak berkonsentrasi saat belajar. Science Network WA melaporkan peneliti menemukan warna khusus yakni kuning dan merah, serta warna cerah lain bisa bermanfaat bagi anak.

"Warna cerah bisa membuat kemampuan anak belajar jadi lebih baik. Kami berasumsi bahwa kondisi warna cerah yang cenderung 'hidup' bisa meningkatkan gairah dan semangat, termasuk semangat belajar anak ke tingkat yang optimal," tutur salah satu peneliti, Aseel Al-Ayash, dikutip dari Fox News.

Untuk studi ini, Aseel dan timnya menempatkan partisipan di enam ruangan dengan warna cat tembok berbeda. Kemudian, masing-masing partisipan diberi materi untuk dibaca dan setelahnya mereka diberi pertanyaan seputar isi materi.

Hasilnya, mereka yang berada di ruangan dengan warna cat tembok terang lebih banyak menjawab pertanyaan dengan benar. Meskipun, sekitar dua per tiga peserta mengaku merah menjadi warna yang buruk bagi mereka. Justru, mereka beranggapan warna yang lebih pucat akan lebih baik karena membuat mereka merasa tenang.

"Tapi warna pucat yang cenderung memberi perasaan tenang dan rileks tidak bisa membantu siswa untuk tetap waspada dan aktif. Sebaliknya, kamar dengan warna cerah bisa menstimulasi aktivitas saraf," kata Aseel.

Meskipun, ia juga menyoroti bahwa faktor lain pun pastinya berkontribusi pada mudah tidaknya seseorang berkonsentrasi saat belajar. Namun setidaknya, melalui studi ini, Aseel dan tim dapat memberi rekomendasi tambahan bagi sekolah atau universitas dalam mendesain ruang kelas. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved