Rabu, 26 09 2018  
Pendidikan / Pelajar Indonesia Paling Berminat Belajar Bahasa dan Budaya di Jepang
Pelajar Indonesia Paling Berminat Belajar Bahasa dan Budaya di Jepang

Pendidikan - - Selasa, 13/03/2018 - 16:04:43 WIB

Situsriau. com - Beasiswa Monbukagakusho untuk pelajar yang berminat berkuliah di Jepang kembali terbuka lebar dari Pemerintah Jepang. 

Di Indonesia, beasiswa ini sangat diminati. Terbukti telah terpilih 41 orang penerima beasiswa Pemerintah Jepang Monbukagakusho. Mereka akan diberangkatkan pada bulan April dan September 2018.

Dari 41 penerima beasiswa terdiri dari 30 orang untuk Pelajar Research Students. Program ini dibuat untuk studi peneliti di Universitas Pascasarjana Jepang. Jika peserta lulus tes masuk, mereka bisa melanjutkan menjadi mahasiswa reguler S2 atau S3.

Lalu 3 pelajar Gakubu (S1) di Universitas Jepang, 3 pelajar Kosen (D3) dan menjadi mahasiswa College of Technology Jepang, 5 pelajar Senshu (D2) dan menjadi mahasiswa Specialized Training College Jepang.

Atase Pendidikan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia Yamaguchi Keiichi mengatakan banyak dari Indonesia yang mendaftar menjadi pelajar di Jepang. Tentu banyak seleksinya, yaitu seleksi dokumen, tes tulis dan wawancara.

Program beasiswa Pemerintah Jepang ini sudah dilakukan sejak 1954. Tentu sudah banyak pelajar dari berbagai dunia mengenyam ilmu di Jepang, termasuk Indonesia.

Menurut Keiichi, dari berbagai bidang yang ditawarkan untuk kuliah di Jepang, paling banyak pelajar memilih bidang teknik, budaya dan bahasa Jepang.

"Yang paling banyak (memilih) teknik sama yang ingin belajar budaya maupun Bahasa Jepang." kata Keiichi di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Senin (12/3/16).

Dalam program beasiswa ini, tidak ada kuota atau batasan pelajar yang ingin belajar di Jepang. Mereka akan diseleksi. Banyaknya pelajar yang lolos seleksi juga tidak dibatasi.

"Untuk nanti seleksinya kita hanya bisa merekomendasikannya pada pelajar Indonesia. Kita rekomendasikan berapa orang, nanti yang menentukan berapa orang yang berangkat itu pihak Monbukagakusho-nya. Jadi kadang kuotanya kadang banyak kadang dikit. Itu nanti juga bersaing dengan peserta dari negara lain," kata Keiichi.

Keiichi berharap pelajar yang sudah lulus dari universitas di Jepang mampu mengembangkan Indonesia dan bisa mempererat hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

"Nanti kan orang Indonesia yang belajar di Jepang pasti akan kembali lagi ke Indonesia. Diharapkan orang-orang tersebut dapat lebih mengembangkan Indonesia dan dapat mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang," katanya.(sr5, md)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved