Senin, 21 Mei 2018  
Pendidikan / Pertamina Hadirkan Founder PepNews dan Fotografer Senior Kompas
Gelar Pelathan Fotografi dan Jurnalisme bagi Wartawan Riau
Pertamina Hadirkan Founder PepNews dan Fotografer Senior Kompas

Pendidikan - - Sabtu, 12/05/2018 - 16:17:29 WIB


PEKANBARU, situsriau.com - PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  menggelar Pelatihan Fotografi Jurnalisme Online bagi wartawan di Riau.

Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kompetensi wartawan menghadirkan pemberitaan dan foto berkualitas.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 35 wartawan media online se Riau ini berlangsung di Ruang Pelatihan PLUT KUMKM Provinsi Riau, Sabtu (12/05/2018) mulai pukul 08.30 WIB pagi hingga 16.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua PWI Riau diwakili Sekretaris PWI Riau Amril Jambak, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau, Novrizon Burman, Wakil Ketua Organisasi PWI Riau Bambang Irawan Syahputra dan Wakil Ketua Kehutanan dan Lingkungan Hidup PWI Riau Zulmiron dan beberapa pengurus PWI Riau lainnya.

Sedang yang yang menjadi narasumber yakni Founder Kompasiana dan PepNews, Pepih Nugraha dan Fotografer Senior Kompas Arbain Rambey.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau, Novrizon Burman dalam sambutannya menyampaikan,  kegiatan pelatihan semacam ini dapat sebagai wadah pengembangan kreativitas para wartawan. Sehingga dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang baik, bertanggungjawab dan sesuai perkembangan masa kini. Apalagi saat ini media online sudah sangat banyak.

Dan rangkaian pelatihan ini, sambung Novrizon, merupakan kelanjutan dari sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI Pusat serta MoU antara PT Pertamina  (Persero) dan PWI yang ditandatangani pada Hari Pers Nasional 2018 pada 8 Februari 2018 di Padang.

“Kegiatan ini sebagai upaya dari peran sinergi BUMN meningkatkan kompetensi bagi wartawan Indonesia.  Selanjutnya pelatihan ketiga diadakan pada 12 Mei 2018 di Riau. Dengan semua pelatihan vokasi kewirausahaan bagi wartawan ini diharapkan akan menambah wawasan bagi wartawan keseluruhan,” ulas Novrizon seraya membuka secara resmi acara pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online bagi wartawan.
 
Dengan adanya pelatihan ini, harap Novrizon, selain memperoleh ilmu para wartawan juga dapat terinspirasi dan memperoleh energi berkreasi yang telah dihasilkan para mitra binaan CSR Pertamina serta meningkatkan wawasan untuk wartawan.

Sementara itu, Founder Pepnews yang juga pendiri Kompasiana Pepih Nugraha menekankan pada pentingnya 5 W 1 H dalam penulisan berita. Dengan demikian, sebuah berita akan dianggap penting dan menarik.

“Bagi media online, pemilihan judul penting untuk memancing rasa penasaran,” ujar Pepih.

Berdasarkan survei, ungkap Pepih, 50 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet. Sekitar 177 juta menggunakan gadget, yang tentunya juga menggunakan media sosial.

"Melihat besarnya pengguna media sosial itu, maka, jika seseorang ingin mendirikan media online, maka tentulah harus melihat dan memahami kondisi tersebut, yaitu memperhatikan aspek-aspek media sosial," sebut Pepih serata juga memberikan masukkan dan pengetahuan terkait berbagai hal yang berhubungan dengan media online. Dimana penyajian tulisan dan teknik penyajian artikel serta judul harus menjadi perhatian.

"Seiring perkembangan teknologi, keberadaan media online menjadi bagian penting dalam kehidupan," katanya.

Sedangkan, Fotografer Senior Kompas Arbain Rambey dalam paparannya menularkan pengetahuannya mengenai teknik, posisi, komposisi dan moment dari sebuah foto jurnalistik, mulai teori hingga praktik tentang jurnalisme foto.

Dikatakannya, menghasilkan keindahan suatu foto itu tak hanya berdasar pada faktor teknologi kamera yang digunakan saja. Namun  fotografer harus berani mengambil gambar tanpa perlu terlalu fokus pada pengaturan teknologi alat yang digunakan.

“Foto yang bagus itu belum tentu indah. Foto indah belum tentu bagus. Fotografer dituntut untuk mengambil gambar, jangan malas dan terlalu fokus untuk setting auto atau manual,” beber Rambey.(rls) 

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved