Rabu, 27 Maret 2019  
Pendidikan / Pelaksanan UN SMP di Pekanbaru Dipercepat Jadi Bulan April
Pelaksanan UN SMP di Pekanbaru Dipercepat Jadi Bulan April

Pendidikan - - Jumat, 11/01/2019 - 12:21:29 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di Kota Pekanbaru akan digelar lebih cepat, yakni pada bulan April. Pelaksanan UN tersebut dimajukan dari jadwal sebelumnya agar tidak bersamaan dengan masuknya bulan Ramadan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Muzailis, mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk mendukung kebijakan baru ini. Diantaranya membuat standar operasional prosedur (SOP) agar UN berjalan lancar.

“Waktu pelaksanaan UN SMP tahun ini akan bergeser jika dibandingkan tahun lalu. Jika UN tahun 2018 dimulai pada bulan Mei, sedangkan UN tahun ini dimulai pada bulan April. Pergeseran ini karena menyesuaikan waktu puasa Ramadan yang diperkiraka mulai pada tanggal 5 Mei 2019 mendatang,” katanya.

Ia menyebutkan, majunya jadwal UN tersebut karena hal teknis. Yakni pada Mei selain berbenturan dengan persiapan bulan puasa Ramadan, juga ada agenda pemilu presiden dan legislatif.

“Jadi, jadwal dimajukan menjadi April. Kebijakan pemerintah pusat itu sangat didukung Disdik Pekanbaru. Agar sesuai jadwal, maka pihak sekolah diminta segera menuntaskan materi pelajaran anak didik,” ujarnya.

Masih dikatakan Muzailis, pelaksanaan UN 2019 nanti tidak ada yang berubah, baik dari tata caranya maupun prosedurnya. Hanya saja, jadwal pelaksanaan UN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Untuk persiapan sekolah, sudah cukup dan sangat siap. Mulai dari Try Out (TO) sampai simulasi untuk UNBK. Jadi tidak ada pengaruhnya walaupun jadwal UN dimajukan,” katanya.(sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved