Senin, 27 Mei 2019  
Pendidikan / Matangkan Persiapan UNBK, Disdik Riau Surati PLN
Matangkan Persiapan UNBK, Disdik Riau Surati PLN

Pendidikan - - Senin, 11/03/2019 - 10:36:51 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Provinsi Riau siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 bagi jenjang pendidikan SMA sederajat. Dinas Pendidikan (Disdik) Riau sudah matang melakukan persiapan guna menghadapi agenda nasional itu, salah satunya berkoordinasi dengan PLN. 

Kepala Disdik Provinsi Riau, Rudyanto, Minggu (9/3/19) mengatakan, saat ini SMA/SMK sederajat yang menggunakan UNKB telah siap melaksanakan ujian nasional. Karena seluruh tahapan sudah dilaksanakan termasuk simulasi juga sudah dilaksanakan.

"Simulasi UNBK sudah, kemudian gladi bersih juga sudah, tinggal menunggu jadwal pelaksanaannya saja. Karena UN ini semua soalnya dari pusat, nanti siswa tinggal buka di komputer saja," katanya.

Selain itu, Rudy menyampaikan selain UNBK, masih ada sekitar 30 persen lebih SMA di Riau yang belum bisa melaksanakan UNBK karena kurangnya ketersedian perangkat komputer. Untuk itu, pihaknya saat ini sedang menunggu kedatangan soal ujian dan lembar jawaban dari kementerian terkait.

"Untuk sekolah yang tidak UNBK, kami tinggal menunggu soal dan lembar jawaban dikirim dari pusat. Memang informasinya belum pasti kapan akan dikirim," ujarnya.

Sebelum pelaksanaan UNBK tersebut, pihaknya juga akan menyurati PLN untuk meminta agar tidak dilakukan pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK. Termasuk ketersediaan daya yang mencukupi terhadap perangkat komputer yang dibutuhkan. Kemudian juga menyurati pihak PT Telkom untuk kelancaran jaringan internet yang dipakai selama UNBK.

"Kami akan surati nanti dalam waktu dekat. Supaya tidak ada kendala dan semuanya lancar dalam melaksanakan UNBK," harapnya.
Untuk diketahui, UN 2019 di provinsi Riau tahun ini akan diikuti oleh 88.946 siswa tingkat SMA/MA dan SMK. Dimana untuk tingkat SMA/MA akan diikuti oleh 60.118 siswa, sedangkan tingkat SMK akan diikuti oleh 28.828 siswa.

Sedangkan waktu pelaksanaan UN, tingkat SMK akan dilaksanakan mulai tanggal 25-28 Maret. Kemudian untuk tingkat SMA dan MA dijadwalkan akan dilaksanakan mulai tanggal 1,2,4 dan 8 April 2019. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved