Senin, 16 09 2019  
Pendidikan / Kabut Asap Pekat dan Udara Tidak Sehat, Pelajar di Dumai Terpaksa Dirumahkan
Kabut Asap Pekat dan Udara Tidak Sehat, Pelajar di Dumai Terpaksa Dirumahkan

Pendidikan - - Senin, 09/09/2019 - 18:18:34 WIB

DUMAI, situsriau.com - Semakin tebalnya kabut asap yang menyelimuti Kota Dumai membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai mengeluarkan himbauan agar 'merumahkan' siswa SD untuk sementara waktu.

Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan kualitas udara di Kota Dumai berada di level 192, konsentrasi 333, indikator warna berada di level kuning, status udara tidak sehat.

“Kami sudah sampaikan kepada seluruh Kepala sekolah dasar se Kota Dumai agar pelajar dirumahkan sementara waktu, mengingat kabut asap karhutla semakin tebal," kata Dedy Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Disdikbud Kota Dumai, Senin (9/9/19)

Jika kondisi sudah membaik kegiatan belajar dan mengajar kembali normal.

"Himbauan ini sifatnya situasional, masing-masing kepala sekolah agar mengambil kebijakan sesuai kondisi terkini. Jika kabut asap tebal, pelajar agar dirumahkan, namun jika kondisi sudah membaik kegiatan belajar kembali normal," terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada orang tua agar mengawasi anak-anaknya, karena ini bukan libur sekolah, melainkan dirumahkan yang artinya belajar di rumah.

"Jadi selama tidak menjalani kegiatan belajar di sekolah, orang tua harus mengawasi anak-anak agar belajar di rumah," pesan Dedy lahi.

Terakhir, Dedy mengatakan bahwa kebijakan merumahkan ini diambil agar pelajar, khususnya pelajar SD tidak terkena ISPA akibat kualitas udara yang buruk.

Pantauan di lapangan, SDN 022 Jaya Mukti merumahkan seluruh pelajarnya, di dinding sekolah tertempel pengumuman yang berbunyi 'Mengingat kabut asap semakin tebal untuk itu anak dirumahkan'.

Sebelumnya kepala BPBD Dumai Afrilagan membenarkan kualitas udara di Dumai tidak sehat.

"ISPU berada di level 192, nilai konsentrasi 333, indikator warna kuning kualitas udara tidak sehat," kata Afrilagan.

Dijelaskannya, angka tersebut diperoleh dari data ISPU Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Senin 9 September 2019 Pukul 07.00 WIB.  (sr5, hr)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved