Jum'at, 14 08 2020  
Pendidikan / Sekda Sebut Pendidikan di Riau Masih Banyak Perlu Perbaikan
Sekda Sebut Pendidikan di Riau Masih Banyak Perlu Perbaikan

Pendidikan - - Sabtu, 01/02/2020 - 22:25:59 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya, mengatakan bahwa potret pendidikan di Riau masih banyak yang perlu diperbaiki terutama masalah guru.

Yan Prana mengungkapkan, banyak daerah di Riau yang masih kekurangan guru yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal sejatinya dalam catatan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Guru PNS di Riau sudah jauh memadai.

Dituturkannya, hal ini terjadi karena banyak guru PNS yang tidak mau pindah ke daerah dan hanya menetap pada satu sekolah atau lokasi yang sama seperti di pusat kota.

"Ini salah satu masalah di Riau, mau tidak mau akan kita lakukan pemetaan secepatnya," katanya, saat menghadiri acara pelantikan pengurus PGRI Riau, di Gedung Guru Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Sabtu (1/2/20).

Ia menambahkan, kasus tersebut juga berdampak pada penambahan guru honorer, yang mengakibatkan banyak guru yang digaji tidak sesuai dengan kinerja dan kemampuannya.

"Kita sudah berusaha untuk tidak menerima honorer apalagi di Pemda, tapi kondisi di lapangan seperti itu. Anggaran yang dihabiskan besar," pungkasnya.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Siak ini juga berharap agar tenaga honorer yang sudah lama mengabdi segera diangkat jadi PNS.

Namun ia menyebutkan, tidak semudah itu untuk mewujudkan hal tersebut karena membutuhkan anggaran dana APBN yang tidak sedikit.

Ia berharap, dengan kondisi guru saat ini, dapat terus melahirkan generasi yang bermarwah dan bermanfaat untuk Riau lebih baik lagi kedepannya.

"Teruslah memberikan pelayan yang terbaik kepada siswa sebagai generasi penerus, semoga pengabdian PGRI dibalas oleh tuhan yang maha esa," tuturnya. (sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved