Rabu, 02/08/2017  
Nasional / Kemendagri Buka Posko Ormas Radikal 24 Jam
Kemendagri Buka Posko Ormas Radikal 24 Jam

Nasional - - Rabu, 17/05/2017 - 13:49:41 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuka posko pengaduan untuk mengawasi perkembangan dinamika politik di tingkat pusat dan daerah mulai Selasa (16/5/17) malam ini. Salah satu fokus pengawasan adalah organisasi masyarakat radikal, seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan pada tahap awal, posko tersebut akan berdiri hingga satu bulan ke depan.

"Kami mengundang Kesbangpol daerah untuk melaporkan terus setiap gelagat perkembangan yang ada termasuk HTI, kelompok radikal yang lain, dan beberapa isu daerah," kata Tjahjo di kantornya, Selasa (16/5/17).

Kemarin, Tjahjo sudah meminta pada gubernur, wali kota, dan bupati untuk membuat posko yang sama untuk mempermudah koordinasi. Pemerintah daerah diminta langsung berkomunikasi dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jika menemukan keanehan di wilayah masing-masing.

Keberadaan posko akan ditangani langsung pejabat eselon I Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintah Umum. Selain itu, Tjahjo juga menugaskan empat staf ahlinya untuk membantu pengawasan.

"Biar 24 jam, kalau ada sesuatu segera dirapatkan dengan Forkopimda, segera dipertemukan dengan tokoh adat, agama, masyarakat, sehingga suara yang keluar dari pemerintah daerah itu satu," tuturnya.

Bekas Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu juga menyindir sejumlah aksi yang dilakukan pendukung gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Menurutnya, aksi dalam berbagai bentuk harus dilakukan sesuai peraturan, termasuk ihwal waktu pelaksanaannya.

"Pemerintah tak bisa melarang. Itu kan aspirasi masyarakat, tapi aturan demonya harus ada jam 18.00 WIB selesai ya harus selesai. Saya kira intelijen dan kepolisian sudah punya perkiraan gelagat dinamika," ujarnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved