Rabu, 27 Maret 2019  
Nasional / Masyarakat Diminta Tidak Percaya Hoaks Letusan Besar Anak Gunung Krakatau
Masyarakat Diminta Tidak Percaya Hoaks Letusan Besar Anak Gunung Krakatau

Nasional - - Sabtu, 29/12/2018 - 09:14:42 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat tidak mempercayai adanya isu-isu bohong alias hoaks yang berkaitan dengan letusan gunung besar anak gunung Krakatau.

"Antisipasi masyarakat saya pikir karena masyarakat tinggal relatif jauh dari Gunung Krakatau, mungkin tetap mengikuti arahan dari Pemda atau BPBD dan tidak mempercayai berita berita hoax," kata Kabid Mitigasi Gunung Api PVMBG, Wawan Irawan, Sabtu (29/12/18).

‚ÄéMenurut Wawan, jarak bahaya anak gunung Krakatau saat ini di dalam radius lima kilometer dari bibir kawah. Oleh karenanya, Wawan mengingatkan masyarakat di luar radius lima kilometer masih diprediksi aman.

"Kalau untuk masyarakat selama di luar radius 5 Km seperti yang kami rekomendasikan aman, hanya untuk masyarakat yang terlanda hujan abu disarankan untuk memakai masker pelindung dari abu vulkanik," ungkapnya.

Wawan menegaskan tidak ada istilah siaga normal dalam status gunung api. Dijelaskan Wawan, saat ini status anak gunung Krakatau masih dalam level siaga.

"Untuk status aktivitas gunung api tidak ada istilah siaga normal, siaga ya siaga, tentang letusan akan terjadi besar atau tidak sampai saat ini masih kita pantau atau ikuti tanda tandanya," pungkasnya. (sr5, oz)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved