Jum'at, 22 November 2019  
Pemkab Rohul-Kemenkes Jalin Kerjasama Nusantara Sehat

Advetorial Rokan Hulu - - Kamis, 12/05/2016 - 11:27:03 WIB

PASIRPANGARAIAN, situsriau.com - Pemerintah Kabupaten (Permkab) Rokan Hulu (Rohul) dan Kementerian Kesehatan RI menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) program Nusantara Sehat 2016-2018 di Hotel Royal Kuningan Jakarta, Rabu (11/5/16).

Penandatangani dilakukan Wakil Bupati Rohul, H Sukiman dan Sekretaris Jenderal Kemenkes, dr Untung Suseno Sutardjo MKes.

Salah satu isi nota kesepahaman yakni tentang Penyelenggaraan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan berbasis Tim (Team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat Periode 2016-2018.

"Ini guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan, serta daerah bermasalah kesehatan," ujar Untung.

Dijelaskan, dasar hukum program ini adalah Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 23 tahun 2015, tentang Penugasan Khusus Team Based dalam mendukung program Nusantara Sehat.

Sementara itu, Wabup Rohul, Sukiman mengatakan dari 46 kabupaten di 14 provinsi se-Indonesia, Kabupaten Rohul menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang dipercaya untuk penugasan Tim Nusantara Sehat.

"Kepercayaan ini berdasarkan usulan Dinas Kesehatan Rohul ke Kemenkes RI beberapa bulan lalu. Alhamdulillah ditindaklanjuti dengan survei dan penilaian dilakukan oleh tim dari Kemenkes ke beberapa puskesmas yang diusulkan, sesuai kriteria program Nusantara Sehat," kata Sukiman.

Lima puskesmas yang diusulkan, yakni Puskesmas Rokan IV Koto II, Puskesmas Tambusai Utara II Puskesmas Bonai Darussalam, Pendalian IV Koto dan Tandun II.

"Namun, untuk penerapan Program Nusantara Sehat tahun 2016, hanya Puskesmas Rokan IV Koto II yang dipercayakan untuk menerima penugasan program pemerintah pusat ini. Kita harapkan, empat Puskesmas lain yang diusulkan segera bisa memperoleh kesempatan serupa dengan Puskesmas Rokan IV Koto II ini," harap Sukiman. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved