Jum'at, 22 November 2019  
Puasa Bukan Sekedar Kewajiban Tapi Kebutuhan

Advetorial Rokan Hulu - - Kamis, 09/06/2016 - 15:41:05 WIB

ROKAN HULU, situsriau. com - Ibadah puasa Ramadan yang diwajibkan kepada umat Islam satu bulan dalam setahun, sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah : Wahai orang-orang byang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang yang bertaqwa (Q.S. 2:183), bukan hanya sebuah kewajiban tetapi lebih daripada itu yakni merupakan kebutuhan bagi setiap umat manusia.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, ketika memberikan santapan rohani Ramadhan pada Safari Ramadhan Pemerintah Daerah (Pemkab) Rohul, Selasa (7/6/16) bertempat di Masjid Sultan Zainal Abidinsyah, Rantau Kasai, Kec Tambusai Utara.

Hadir dalam Safari Ramadan tersebut adalah Bupati Rohul yang diwakili Asisten II H Syaiful Bahri SSos MSi, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Ketua Pengadilan Agama Pasir Pengaraian, Ketua MUI Rohul Drs H Hasbi Abduh MA, Ketua LAMR Rohul Drs HT Rafli Armen.

Hadir juga bersama Kepala Badan/Dinas/Kantor di lingkungan Pemkab Rohul, Camat Tambusai Utara Gorneng SSTP, Kapolsek Tambusai Utara H Yahya Siregar, Koramil Tambusai Utara, Kepala KUA Tambusai Utara Jalli Sitakat SAg MSy, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para Kades, Kadus, Ketua RW/RT, dan ratusan umat Islam lainnya se Tambusai Utara.

Ahmad Supardi yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini, lebih lanjut mengatakan bahwa ibadah puasa adalah ibadah yang bersifat universal, dimana seluruh umat manusia telah melaksanakannya, sesuai dengan syariat yang dibawa oleh Nabi/Rasul masing-masing.

Sejarah mencatat bahwa ternyata ibadah puasa bukan hanya dilaksanakan oleh manusia, tetapi hewanpun melaksanakannya. Setidaknya ada tiga hewan yang berpuasa, yakni ayam, ketika mengerami telurnya. Ular ketika hendak menanggalkan kulitnya dan berganti dengan kulit baru. Ulat ketika hendak berubah jadi kepompong, lalu kemudian berubah menjadi kupu-kupu yang indah.

Bupati Rohul H Suparman SSos MSi yang diwakili oleh Asisten II H Syaiful Bahri SSos MSi, mengharapkan agar umat Islam dapat menunaikan ibadah puasa Ramadan sesuai dengan syarat dan rukunnya. Dan kepada umat beragama lain, diharapkan agar dapat menghormati umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

"Hal ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kerukunan umat beragama, dimana kerukunan umat beragama ini adalah pilar utama dari kerukunan nasional. Jika kerukunan nasional rusak, maka bisa hancur bangsa dan negara ini," jelasnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved