Jum'at, 22 November 2019  
Sukiman Janji Tuntaskan Persolan Tapal Batas

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 09/08/2016 - 13:02:59 WIB

KABUN, situsriau.com - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman, berjanji menuntaskan permasalahan tapal batas di Rohul. Penyelesaian ini perlu digesa untuk menghindari potensi konflik sekaligus untuk menertibkan administrasi kependudukan.
 
"Seperti permasalahan tapal batas lima desa, tapal batas Kecamatan Tambusai yang berbatasan dengan Kabupaten Padang Lawas (Sumatera Utara,red) dan kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Siak. Atas nama Pemkab Rohul, saya komit menuntaskan permasalahan tapal batas ini," janji Sukiman saat menghadiri silaturrahmi dengan masyarakat Kecamatan Kabun, baru-baru ini. Diakuinuya, ada beberapa kecamatan di Rohul yang berbatasan dengan kabupaten lain, yang hingga saat ini belum terselesaikan.

Akibat permasalah tapal batas di sejumlah kecamatan di Rohul yang belum terselesaikan, masyarakat tempatan sangat kesulitan melakukan pengurusan administrasi kependudukan maupun administrasi lainnya seperti  kepengurusan surat tanah dan lainnya.

"Seperti kasus di lima desa. Masyarakat setempat kebingungan harus menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu keluarga) dari kabupaten mana. Mirisnya, sempat beberapa kali mereka tidak bisa ikut memilih kepala daerah," ucap H Sukiman.

Sukiman juga menyatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang berbatasan langsung dengan Rohul.

"Kita akan lakukan langkah persuasif, berkoordinasi dengan pemerintah yang berbatasan dengan Rohul tersebut. Berharap dengan langsung koordinasi dengan pemerintah setempat akan membuka titik terang penyelesaian tapal batas ini," harapnya.

Diakui, saat dirinya menjadi Wakil BUpati (Wabup) Rohul di periode pertama Achmad, dirinya pernah turun langsung ke lima desa yang bersengketa dengan Kabupaten Kampar. Tujuannya waktu itu, untuk mengambil titik kordinat tapal batas.

"Dengan harapan, masalah tapal batas tersebut dapat mengacu dengan titik kordinat," tegasnya. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved