Jum'at, 15 November 2019  
Delapan Desa di Rohul Siap Gelar Pilkades Serentak

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 11/10/2016 - 12:05:31 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pada tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak di Rohul tahun 2016, Camat Rambah menyatakan, 8 desa dari 13 desa yang ada sudah siap gelar Pilkades serentak.

Siapnya ke delapan desa di Kecamatan Rambah gelar Pilkades serentak diakui Camat Rambah, Arie Gunadi S,Stp, dimana panitia Pikades di 8 desa terbentuk dan sudah melakukan tahapan pendaftaran calon Kades. Kini para calon kades di 8 desa juga sudah mendaftarkan diri, kini para calon kades tengah mengurus sejumlah persyaratan yang ditetapkan panitia Pilkades.

"Dari 13 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Rambah, tahap I tahun 2016 ini, ada 8 desa yang akan gelar Pilkades serentak. Walaupun kecamatan hanya memfasilitasi saja dan sepenuhnya kegiatan Pilkades melalui panitia Pilkades, hingga kini belum ada permasalahan yang terjadi dan masih lancar saja," jelas Arie Gunadi, Senin (10/10/16).

Kata Arie yang juga mantan Kasubag Protokoler Setda Rohul masa pemerintahan Bupati Rohul Drs H Achmad M.Si- Hafith Syukri menyatakan, dimana untuk pendaftaran calon kades dimulai dari 3 hingga 12 Oktober 2016 esok. Untuk acuan pelaksanaan Pilkades sendiri, nantinya mengacu dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Rohul.
Ditanya terkait anggaran, Arie mengaku dianggarkan dari APB-Des termasuk sumbangan pihak ke tiga. Memang seharusnya dana tersebut dianggarkan di APBD Rohul sesuai Perda.

"Ada beberapa persyaratan bagi balon Kades yang akan mendaftar, dan itu harus dipenuhi balon tersebut. Seluruh kewenangan yang mengatur tahapan hingga pelaksanaan Pilkdes, sepenuhnya oleh panitia Pilkades di masing-masing desa," ungkap Arie.

Arie berharap, panitia Pilkades di 8 desa yang gelar Pilkades, harus benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang ada, sehingga nantinya para calon kades tidak dirugikan. Selain itu, diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak tahap I yang akan digelar 8 desa di Kecamatan Rambah diharapkan bisa menghasilkan Kades pilihan rakyat, yang nantinya dapat membangun desa dan sejahterakan rakyatnya dengan kebijakan dan kemampuannya memimpin desa.

"Jangan jadikan Pilkades ajang keributan, namun bagaimana Pilkades yang akan digelar serentak di Rohul terutama 8 desa di Rambah ini, bisa memilih Kades yang mampu membangun desa. Itu sesuai visi-misi Bupati- wakil Bupati Rohul, Suparman- Sukiman, "menata kota membangun desa" sehingga itu bisa terwujud," imbau Arie.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved