Kamis, 25 April 2019  
Mantab! Tahun 2017 Seluruh Desa di Rohul Ditargetkan Punya Internet

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 29/11/2016 - 12:35:47 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menargetkan seluruh desa di daerah ini punya jaringan internet pada 2017 nanti. Untuk itu, pemerintah akan mendata desa mana saja yang belum punya jaringan internet.

"Kita tergetkan, pada tahun 2017 seluruh desa sudah mempunyai jaringan internet," ujar  Staf Ahli Bupati Rohul Bidang Pembangunan, Sugiyarno SP MSi, saat membuka Sosialisasi Program 1 Juta Domain di Hotel Sapadia Pasir Pangaraian, Senin (28/11/16).

Kabupaten Rohul merupakan daerah pertama dilakukan sosialisasi Program 1 Juta Domain. Program dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemeninfo) RI ini bakal digelar di seluruh daerah.

Sugiyarno, menyatakan tidak bisa dipungkiri saat ini peran media online sangat membantu. Terkenalnya Masjid Agung Nasional Islamic Center Pasir Pangaraian tidak terlepas dari promosi dilakukan media online.

Juga para pelaku usaha atau UKM, tidak terlepas dari media online saat ini, sehingga dapat menumbuhkembangkan usaha kreatif di Indonesia. "Sehingga Pemekab Rohul sangat mendukung Program  1 Juta Domain tersebut," tuturnya.

Sugiyarno berharap, Program 1 Juta Domain bisa dimanfaatkan para pelaku usaha dan dunia pendidikan untuk lokasi promosi, sehingga diketahui masyarakat luas. "Manfaatkanlah program ini dengan baik untuk eksternal atau internal," tambahnya.

Sugiyarto minta inas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) melakukan pembinaan sekolah-sekolah. "Begitu juga Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan harus lakukan pembinaan terhadap usaha mikro UKM," imbau Sugiyarno.

Dirinya juga berharap, Kemeninfo dan Diskominfo Provinsi Riau bisa membantu dan mendukung penyediaan,  pembinaan dan pelatihan 1 Juta Domain. Pasalnya, tidak sedikit desa di Rohul yang masih perlu dilakukan peningkatan jaringan internet untuk mendukung Program Membangun Desa Menata Kota.

Kabid Pengembangan Aplikasi dan Keamanan Informatika Diskominfo Riau, Yasna Dewita, mengatakan, sosialisasi 1 Juta Domain di Rohul diikuti 100 peserta, terdiri dari para pelaku usaha dan UKM, termasuk tenaga pendidikan umum dan madrasah didominasi para kepala sekolah. Setelah Rohul, kegiatan serupa juga digelar di Kabupaten Indragiri Hulu dan Kepulauan Meranti.

"Sosialisasi yang dilaksanakan, baru dilaksanakan di tiga daerah. Dan kegiatan bersumber dari APBD Perubahan Riau (2016). Sementara Kabupaten Rohul jadi daerah pertama sosialisasi kita," sebut Yasna.

Yasna menjelaskan, sasaran Program 1 Juta Domain adalah pelaku usaha atau UKM serta dunia pendidikan. Tahap awal program ini  digratiskan untuk setahun, baik sewa domain dan hosting. Di tahun kedua, baru dikenakan biaya sewa server.

Kabag PDE Rohul, Muhardhan, menegaskan, dirinya sangat mendukung Program 1 Juta Domain. Namun,  biaya sewa server domain dan hosting bukan hanya digratiskan 1 tahun saja, namun kalau bisa lebih dari itu.

"Bila untuk hosting disediakan infrastrukturnya (gratis) oleh pusat maupun provinsi, maka saya kira akan lebih menggairahkan UKM dan sekolah. Karena jujur saja, yang gratis saja masih enggan memanfaatkannya" jelas Muhardhan.

Muhardhan mengungkapkan, masih diperlukannya dukungan jaringan dan koneksi internet di daerah sulit. Pemkab Rohul berharap, Diskominfo Riau ikut gesa dan mendukung untuk menyampaikan ke pihak provider seluler agar lebih meningkatkan kualitas layanan (internet) di pedesaan.

"Bila jaringan di ibukota kecamatan hampir semua sudah 3G, namun di beberapa ada yang belum. Pemkab akan lebih perbanyak free hotspot area untuk mendukung pemerintah pusat tersebut," papar Muhardhan. (sr5, hr)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved