Senin, 18 November 2019  
Mantab! Desa se-Rohul Dapat Tambahan ADD

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 06/12/2016 - 13:36:56 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Seluruh desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan mendapatkan tambahan Alokasi Dana Desa (ADD). Dana itu dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Rohul 2016.

Jumlah tambahan dana bagi desa yang diakomodir sebesar 2,57 persen. Saat itu, anggaran itu dalam tahap  evaluasi Pemerintah Provinsi Riau.

Dalam APBD murni Rohul tahun 2016 lalu, bantuan ADD yang disalurkan ke seluruh desa se-Rohul baru dianggarkan sekitar 6,64 persen. Jumlah  itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Rohul, Jaharuddin SP MM, mengatakan, untuk pemenuhan ADD minimal 10 persen dari Daba Aloasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) kabupaten/ kota sudah tercantum di Pasal 72 Ayat 4 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pemberlakuan pemenuhan ADD 10 persen dari dana perimbangan yang diterima Pemkab Rohul, direncanakan tahun 2017 mendatang. Jika ADD tidak terpenuhi minimal 10 persen di tahun 2017 mendatang, maka Pemerintah pusat akan berikan sanksi berupa penundaan atau pemotongan sebesar alokasi dana perimbangan setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK) yang seharusnya disalurkan ke desa.

Jaharuddin mengatakan, di RAPBD Perubahan Rohul 2016 yang sudah disetujui dialokasikan
anggaran sekitar 2,57 persen untuk penambahan bantuan ADD. Angka itu mendekati 10 persen dari dana perimbangan yang diterima Rohul.

"Tambahan bantuan ADD yang diakomodir dalam APBD Perubahan 2016, untuk mendukung operasional dana desa yang sudah dialokasikan pemerintah pusat di APBN. Tentunya dengan adanya kucuran dana dari APBN dan APBD Rohul itu, nantinya mendorong pembangunan infrastruktur serta menambah lapangan pekerjaan baru di pedesaan," tutur Jaharuddin. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved