Senin, 18 November 2019  
Tahun ini, CJH Rokan Hulu Bakal Wajib Urus Paspor Sendiri

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 07/02/2017 - 16:38:57 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul), Zulkifli Syarif, mengatakan, kuota haji untuk Negeri Seribu Suluk pada tahun 2017 sebanyak 502 jemaah. Untuk paspor, langsung diurus sendiri oleh Calon Jemaah Haji (JCH).

"Ada perbedaan untuk pelaksanaan jemaah haji tahun 2016 dengan 2017 ini karena sekarang pengurusan paspor para JCH dilakukan pengurusannya sendiri ke Imigrasi Kota Pekanbaru, tanpa melalui Kankemenag lagi," ujar Zulkifli, di Pasir Pangaraian, Senin (6/2/17).

Zulkifli menjelaskan, perubahan tersebut dilakukan untuk menghindarkan adanya pungutan ataupun biaya tambahan di luar ketentuan yang sudah disepakati.

"Selain itu, bila mengurus sendirian maka kita terbebas dari permasalahan pungli serta anggapan lain sebagainya," ucapnya.

Ditambahkannya,  untuk pengumpulan paspor sendiri nantinya dilakukan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing kecamatan. Setelah itu dikumpulkan secara keseluruhan di Kemenag Rohul, dan paling lama pengumpulan pasppor 15 Maret 2017 mendatang.

Sementara itu, terkait untuk kuota haji di Kabupaten Rohul pada tahun 2017 ini, mengalami peningkatan dibandingkan 2016. Tahun ini, kuota haji Rohul sebanyak  502 jamaah, sementara di 2016 hanya 350 jemaah.

Zulkifli memaparkan, 502 jemaah tersebut terdiri dari 457 yang berhak lunas, cadangan 17 orang, 28 jemaah yang sudah haji dengan kuota saat ini, sehingga JCH Rohul sudah cukup untuk menjadi 1 kelompok terbang (kloter). Kini sedang berlangsung proses cek kesehatan, bagi para JCH di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul.

Sesuai jadwal pada Senin (6/2), cek kesehatan  untuk JCH dari  Kecamatan Rambah dan Rambah Samo. Selasa (7/2) untuk CJH dari Kecamatan Tambusai dan Rambah Hilir,  Rabu (8/2) untuk Kecamatan Kepenuhan, Kunto Darussalam dan Rokan IV K.

Selanjutnya, Kamis (9/2), untuk CJH Kecamatan Ujung Batu, Tandun, Kabun, dan Tambusai Utara. Sedangkan jadwal teralhir, Jumat untuk jemaah Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, Kepenuhan Hulu, Bonai Darussalam serta Pendalian IV Koto.

Setelah mengikuti tes kesehatan di RSUD, selanjutnya para JCH juga akan mengikuti cek  kesehatan lanjutan di masing-masing kecamatan pada tanggal 13 hingga 25 Februari 2017. Nantinya, mereka akan berangkat ke melalui Embarkasi Antara.

"Para JCH Rohul tidak langsung diberangkatkan ke Batam, melainkan ke Kota Pekanbaru?. Selanjutnya ke Batam tanpa menginap di asrama dan lanjut berangkat ke Madinah,"tutup Zulkifli. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved