Kamis, 14 November 2019  
Sebulan, 60 Ribu Pengunjung Kunjungi MANIC Pasir Pangaraian

Advetorial Rokan Hulu - - Jumat, 10/02/2017 - 15:45:47 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pengunjung yang datang ke Masjid Agung Nasional Islamic Centre (MANIC) Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), terus meningkat. Setiap bulan, pengunjung yang datang lebih 60 ribu orang.

Pengunjung itu berasal dari masyarakat Riau dan daerah lainnya di Indonesia. Mereka ingin melihat dari dekat keindahan masjid kebanggakan masyarakat Negeri Seribu Suluk itu yang sudah dikenal secara nasional.

Ketua Pengelola Masjid Agung Nasional Islamic Centre Rohul, H Yulzaini, melalui Humas, Husni Budiman, mengatakan, pengunjung terbanyak datang dari Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya, pengunjung dari Provinsi Sumatera Utara dan daerah lain di Riau, seperti Pekanbaru, Kampar, Dumai, Bengkalis dan lainnya.

"Umumnya kaum ibu pengajian, wirid, pelajar dan pegawai. Mereka ingin melihat kemegahan masjid dengan sarana dan prasarananya," kata Husni, di Pasir Pangaraian, Kamis (9/2/17).

Husni yang akrab disapa Suni juga mengakui biasanya para pengunjung yang baru pertama kali berkunjung  akan berkeliling melihat apa-sapa saja kemegahan yang ada di Masjid Agung tersebut. Mereka melihat seluruh bagian bangunan masjid, baik ruang utama masjid, fasiotas aula, mini market, serta fasilitas lainnya juga kegiatan keagamaan.

“Selain kegiatan rutin ibadah salat lima waktu, di Masjid Agung juga ada kegiatan bagi pelajar hafiz Quran yang dibina. Juga pustaka digital, aula, serta paling banyak mereka melihat kota Pasir Pangaraian dari menara masjid 99 meter,” ungkap Husni.

Biasanya, setiap Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional, Masjid Agung bakal disesaki pengunjung. Jumlahnya bisa membludak sehingga pengelola Masjid Agung sendiri menyiapkan petugas pemandu bagi tamu-tamu yang akan berkunjung.

Bukan itu saja, pengunjung yang datang biasanya rombongan, baik dengan bus besar pariwisata, bis kecil, mobil pribadi, mobil rental termasuk superben. Mereka datang dari Pelembang, Lampung, Jambi, Jawa Barat, Jakarta dan Kediri.

Bila saat liburan, maka kawasan halaman Masjid Agung akan sesak dipenuhi kendaraan dari berbagai model. 

“Bagi pengunjung yang sudah sering datang, biasanya mereka ikut kegiatan ibadah yang dilaksanakan di masjid. Kini Masjid Agung Madani Islamic Centre Rohul merupakan ikon dan simbol umat  Islam di Rohul," pungkasnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved