Senin, 18/11/2019  
Rokan Hulu Menuju Sentra Gula Aren Sumatere, 400 Ha Lahan Siap Ditanami

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 14/03/2017 - 16:16:37 WIB

ROKAN HULU, situsriau.com- Pemkab Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya menggali potensi daerah dari semua sektor pembangunan, termasuk perkebunan. Salah satunya, saat ini 'Negeri Seribu Suluk' sedang mempersiapkan diri menjadi penghasil gula aren terbesar di Riau dan bahkan di Sumatera.

Melalui Asosiasi Aren Indonesia (AAI), saat ini Rokan Hulu sedang  menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jakarta, PT. Mohas Resti Kolaka. Dengan begitu, kedepan perusahaan turunan dari gula aren itu juga bakal berdiri di Rokan Hulu.

Sejauh ini, sudah ada kesepakatan bahwa AAI dan Mohas bakal menanam aren di lahan seluas 400 hektar. Di lahan itu juga bakal dibangun pabrik untuk membikin gula semut, gula aren, minuman kemasan dan produk lain yang berbahan baku gula aren.

Bayangkan saja berapa batang pohon aren yang bakal tumbuh di lahan itu jika satu hektar saja bisa dijejali 200 batang pohon aren dengan jarak tanam 7x7 meter.

Hasil olahan tadi kata Ketua AAI Rohul, Elfisri, bakal diekspor ke luar negeri dan dipasarkan di dalam negeri," cerita Ketua AAI Rohul, Elfisri, usai terpilih menjadi ketua AAI Rohul dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang dimediasi oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Rohul ini.

Kepala Desa Rokan IV Koto ini juga mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah menanam 16 ribu kecambah pohon aren. "Masyarakat yang minat menanam aren, boleh ngambil bibitnya di tempat kami," ungkapnya.

Kadis Perkebunan dan Peternakan Rohul, Sri Hardono mengaku senang dengan rencana kerjasama tersebut. Sebab selama ini katanya, Rohul sebenarnya sudah terkenal sebagai penghasil gula aren di Riau. Tapi selama itu pula, saat membikin gula aren, petani hanya melakukan dengan cara manual dan tidak terkoordinir.

"Harga gula aren sangat menjanjikan. Tapi semakin hari, produksi gula aren malah semakin langka. Kedepan, ini nggak boleh terjadi lagi. Kita harus tingkatkan produksi gula aren itu," ungkap Sri Hardono.

Dewan Penasehat AAI Riau ini juga berharap supaya masyarakat mau ikut mengembangkan tanaman aren di lahan yang ada terutama di lahan tidur.\



Keberadaan gula aren asal Rokan Hulu ini sudah menjadi incaran hingga tingkat nasional. Buktinya, menjelang launching "Riau Menyapa Dunia" 2017 di Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (16/3/2017) malam, dari stand pameran  Kabuputen/Kota se- Riau, stand Rokan Hulu menarik perhatian pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Rokan Hulu, Sonny bersama PJ Bupati Rokan Hulu Sukiman, mengaku bangga dan senang. Dimana Rokan Hulu merupakan stand yang paling diburu para tamu undangan termasuk pegawai Kementerian Pariwisata.

Salah satu yang jadi rebutan dan laris manis adalah Gula Aren khas Rokan Hulu, yang dikemas apik dengan desain menarik.

"Alhamdulillah, bangga pasti, dari sekian banyak stand kami termasuk yang paling favorit. Rata-rata penasaran dan membeli produk Gula Aren, Galamai," ungkap Sony. (adv,hms)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved