Selasa, 12 November 2019  
Migrasi Data, Pencetakan Dokumen Adminduk di Rohul Dihentikan Sementara

Advetorial Rokan Hulu - - Senin, 31/07/2017 - 06:16:02 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau. com -Pelayanan Pencetakan Dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk), baik itu cetak Kartu Keluarga (KK), E-KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Keteangan pindah Domisili, serta Produk Adminduk lainnya yang biasanyta dilayani Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Rokan Hulu (Rohul), dihentikan sementara waktu.

Penghentian sementara layanan pencetakan dokumen Adminduk, diakibatkan  adanya Proses migrasi data, dari server lama ke server baru. Bahkan diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohul, H.Irfan Rido S.sos, penghentian sementara layanan Pencetakan dokumen Adminduk sudah berlangsung sejak hari Selasa lalu.

Meski tidak dapat mencetak, masyarakat yang ingin mendaftarkan pengurusan dokumen Adminduk baik KK, E-KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Keterangan pindah Domisili dan Produk Adminduk Lainya masih tetap dilayani.

“Kita tetap membuka pelayanan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar masih dilayani. Namun dokumen Adminduknya tidak bisa langsung di cetak pada hari itu juga,” terang Irfan Rido.

Lebih jauh diterangkanya lagi, adanya proses migrasi data dari server lama ke server baru dikarenakan kapasitas server lama sudah mengalami over kapasitias. Dengan Kondisi tersebut terlalu bersiko jika tetap dipaksakan memuat data penduduk.

“Sebenarnya,  bila servernya tidak over kapasitas maka layanan masih bisa kita lakukan, tapi karena Servernya penuh, terlalu berisiko jika tetap dipaksakan, bisa bisa Servernya jebol,”  kata Irpan Rido.

Guna Memaksimalkan pelayanan Disdukcapil Kedepan, Irpan Rido mengaku, Pihaknya sudah memperbesar Kapasitas Server, dari 300 Gibabyte menjadi 4 Terabite.

“Untuk server baru kita perbesar kapasitasnya hingga 4 terabite, selain itu  pada server baru ini. Kita  juga terapkan aplikasi Siak 6 yang lebih Canggih fiturya dibandingkan aplikasi sebelumnya Siak 5.7,” jelas Irpan Rido lagi.

Irpan Rido menegaskan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat proses migrasi data ini. Dia menargtekan, layanan pencetakan dokumen Adminduk ini sudah dapat kembali normal pada Senin mendatang.

“Dalam satu dua hari ini kita usahakan selesai proses migrasi datanya, saya sudah perintahkan pada tekhnisi untuk lembur, agar pelayanan pencetakan adminduk ini bisa normal kembali pada Senin,” tegasnya.

Terhentinya layanan pencetakan Adminduk di Disdukcapil Rohul, mendapat tanggapan dari masyarakat. Sondri, salah seorang warga asal Tambusai Utara  yang akan mengrus KK mengaku, walaupun sedikit kecewa dirinya pasrah, karena hal itu memang diluar kemampuan dari Disdukcapil.

“Mau bagaimana lagi, mesinnya rusak mau diapakan dan terpaksa saya harus kembali lagi hari Senin,” ujarnya.(sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved