Jum'at, 15 November 2019  
16.000 Warga Rohul sudah Rekam Data e-KTP Walau Belum Semua Dicetak

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 12/09/2017 - 14:21:32 WIB

PEKANBARU, situsriau.com -  Sebanyak 16.000 warga Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Namun, tidak semuanya bisa dicetak karena kekurangan blanko.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohul, H Khairul Akmal, mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan data ke pusat. "16.000 data warga itu dari hasil perekaman Desember 2016 lalu  untuk dilakukan penunggalan data," ujarnya.

Mengenai masalah yang terjadi, kata Khairul, tidak disampaikan pusat. "Kita  tidak mengetahui mengapa penunggalan data termasuk pasokan blangko e-KTP  belum terpenuhi hingga kini,” kata Khairul.

Sebelumnya, kata Khairul,  pihaknya pernah meminta bantuan 4.000 keping  blangka e-KPT ke pusat. Namun tidak sampai dua minggu belangko sudah habis tercetak.
 
“Apalagi saat ini,  kita melayani masyarakat baik yang mengurus e-KTP, Kartu Keluarga (KK) termasuk administrasi kependudukan (Adminduk) lainnya, capai 250 hingga 300 warga kita layani per harinya,” ucap Khairul.

Saat pihak Disdukcapil Rohul menanyakan ke pihak pusat apa kendala yang dihadapi hingga kini tidak ada solusinya. Malahan, orang pusat sendiri menyatakan hal itu ibarat “jalan tol”.

“Namun kita tidak memahami apa yang dimaksudkan “jalan Tol”. Pusat saja tidak bisa memberikan data dan penjelasan ke kita apa sebenarnya permasalahan ehingga blangko e-KTP bisa terlambat. Kita sudah kirimkan 16.000 data masyarakat Rohul yang sudah dilakukan perekaman untuk ditunggalkan data, namun hingga kini belum juga ada penunggalan data dari pusat,” paparnya.

Kini agar masyarakat yang sudah melakukan perekaman dapatkan pelayanan namun belum dapat blangko e-KTP, pihak Disdukcapil hanya membuatkan Surat Keterangan yang fungsinya sama dengan e-KTP, dan itu bisa digunakan untuk seluruh adminstrasi, baik ke bank, serta lainnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved