Jum'at, 22 November 2019  
Akhirnya, Pengusaha Galian C di Rohul Sepakat Bayar Pajak

Advetorial Rokan Hulu - - Kamis, 14/09/2017 - 16:26:26 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Setelah beberapa kali pertemuan, Badan pendapatan daerah (Bapenda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akhirnya mencapai kesepakatan dengan pengusaha galian C. Para pengusaha galian C sepakat membayarkan pajak.

Hasil itu disepakati dari pertemuan yang digelar di Aula Dinas Pendapat dan Aset  (DPKA) Kabupaten Rohul, Selasa (12/9/17) lalu. Hadir di acara itu, Kepala Bapenda, Jonni Muktar SE MSi, Ketua Asosiasi Galian C Rohul, Indra Gunawan, Kepala DLH Rohul yang diwakili Asdinoper, KPT Rohul yang diwakili Sophian, serta 20 pemilik galian C di Rohul.

Di pertemuan yang berlangsung hampir dua jam, Kepala Bapenda Jonni Mukhtar mengatakan, seluruh galian C di Rohul tidak memiliki izin operasional, yang ada hanya izin lingkungan saja.

Kemudian karena Gubernur Riau tidak mau mengeluarkan izin bila RT/RW Provinsi Riau belum selesai sedangkan di setiap kabupaten memerlukan material  dari galian C untuk kegiatan pembangunan. Bapenda mengundang Asosiasi Usaha Galian C di Rohul agar duduk satu meja dalam rangka membicarakan masalah  pajak galian C.

Pertemuan pertama dalam minggu lalu, belum membuahkan hasil. Di pertemuan kedua ini akhirnya mencapai kesepakatan dengan penanda tanganan perjanjian.

Jonni Mukhtar, mengakui pertemuan tersebut dikemukakan tiga opsi cara untuk membayar pajak galian C. Pertama cicilan, deposit dan bayar tunai. Namun setelah disampaikan ke pemilik galian C, mereka memilih cicilan.

"Akhirnya disepakati bahwa pengusaha galian C membayar pajak dengan cicilan. Ini dituangkan dalam surat perjanjian yang ditanda tangani pemilik galian C dengan Bappeda serta asosiasi," kata Jonni Mukhtar.

Ketua Asosiasi Galian C Rohul, Indra Gunawan, menyambut menyambut baik keputusan tersebut. Dengan kesepakatan itu dapat lebih mendisiplinkan pengusaha Galian C untuk taat bayar pajak. “Sehingga tidak ada satupun pengusaha galian C yang tidak membayarkan pajaknya karena diberikan keringanan Bapenda dengan mencicil,” ucapnya.

Indra yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KONI Rohul mengimbau seluruh pemilik galian C agar menjalankan kesepakatan tersebut tanpa ada paksaan. Dengan begitu, PAD Rohul dari sektor pajak galian C bisa meningkat.  (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved