Jum'at, 22 November 2019  
Bapenda Rohul Optimis Target PBB-P2 Rp12 M Tercapai

Advetorial Rokan Hulu - - Rabu, 18/10/2017 - 09:25:05 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau. com- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Rohul menargetkan potensi Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2017 sebesar Rp12 miliar.

Plt Kepala Bapenda Rohul, Jonni Muchtar SE MSi optimis target tersebut tercapai. Katanya, hingga Oktober 2017, realisasi PBB-P2 sudah mencapai Rp3 miliar lebih dari target awal yang ditetapkan atau sekira 30 persen.

"Bisa saja saat ini kepala desa sedang tahap penagihan sehingga belum melaksanakan pembayaran ke Bapenda Rohul," kata Jonni, baru-baru ini.

Jonni menyatakan optimis bahwa realisasi PBB-P2 tercapai 100 persen atau lebih hingga akhir Desember 2017. Apalagi, Bapenda Rohul sudah melakukan berbagai terobosan, termasuk adanya dukungan penuh dari Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi.

"Segala upaya yang kita lakukan dengan dukungan Bupati Rohul, kita optimislah potensi bisa kita gali. Asal memang semua pihak, stake holder terkait bersama-sama mengupayakan ini (PBB-P2) secara maksimal," kata Jonni.

Untuk diketahui, secara keseluruhan tahun 2017 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp108 miliar.

Sumber PAD yang paling diandalkan tahun ini masih dari sektor retribusi daerah yang dikelola Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dari sektor ini pemerintah berharap pemasukan bisa Rp72.097.478.200. Kemudian, memaksimalkan pemasukan sektor PAD peran OPD juga menjadi sangat vital.

Karena, sebagian retribusi dipungut dari perizinan tertentu yang dikelola Dinas Pelayanan Terpadu Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, ataupun Retribusi yang dikelola oleh OPD sesuai Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2011.

Selain retribusi daerah, sektor pajak daerah juga jadi andalan Pemkab Rohul tahun ini. Pemkab sendiir mematokan, untuk penerimaan sektor pajak daerah capai Rp29.226.399.639. Angka itu meningkat dari target tahun 2016 sebelumnya yang hanya capai Rp25.342.500.000.

Kemudian, guna merealisasikan target sektor pajak daerah, Bappenda Rohul akan memaksimalkan fungsi petugas enam unit UPTD pengelola Bappenda di kecamatan untuk menggali serta mencari potensi PAD, khusunya memaksimalkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2). Bappenda juga akan tingkatkan kerja sama dengan pemerintah desa, pemerintah kecamatan serta kolektor pajak yang sudah ditunjuk.

Selain dari dua sumber PAD tersebut, Pemkab Rohul tahun 2017 ini juga berharap adanya tambahan pemasukan dari sumber PAD lain, serta penerimaan pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. Dimana dari sumber PAD lainnya pemerintah daerah menerima pemasukan sebesar Rp4,5 miliar. Sehingga target sumber PAD lainnya turun dibandingkan tahun 2016 yang capai Rp6,5 miliar. (advertorial)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved