Selasa, 12 November 2019  
Desa se-Rohul Penerima ADD dan DD Terapkan Aplikasi Siskeudes

Advetorial Rokan Hulu - - Sabtu, 27/01/2018 - 09:56:08 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Sebanyak 139 desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebagai penerima bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Rohul dan Dana Desa (DD) dari APBN sudah menerapkan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Rohul, Ir Jufri MSi mengatakan, Kabupaten Rohul menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Riau yang seluruh desanya sudah menerapkan aplikasi siskeudes tahun 2017.

Penerapan siskeudes merupakan tindaklanjut surat imbauan KPK terkait keuangan desa/dana desa agar pemerintah desa dapat mematuhi seluruh peraturan tentang pengelolaan keuangan desa, khususnya dalam penggunaan dana desa dengan menghindari pengeluaran yang tidak sesuai peruntukannya, sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari.

"Desa juga harus mengentri seluruh data anggaran pendapatan belanja desa ke aplikasi siskeudes. Mulai dari perencanaan hingga laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa harus dientri ke aplikasi itu. Karena, syarat wajib yang harus dilakukan seluruh desa untuk mencairkan dana desa. Aplikasi yang dirancang BPKP itu menjamin pembangunan desa sesuai aturan yang berlaku," kata Jufri.

Diakui Jufri, siskeudes merupakan aplikasi keuangan desa yang salah satu bentuk inovasi sistem pelaporan keuangan desa yang mengedepankan aksesibilitas serta efektif dan efisien waktu.

“Tahun ini desa menerapkan seluruh item sistem keuangan desa berbasis aplikasi. Mulai dari RKP, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan semuanya telah dimasukkan ke dalam aplikasi. Dan hal ini telah diterapkan oleh seluruh desa di Rohul pada tahun 2017," katanya.

Jufri menambahkan, ada beberapa kemudahan bagi pemerintah jika desa telah menerapakan sistem keuangan berbasis aplikasi. Di antaranya, kelengkapan administrasi lebih terukur, meminimalkan tingkat kesalahan dalam hal penatausahaan, baik dari segi jumlah maupun kepatuhan terhadap rekening. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved