Kamis, 14 November 2019  
Pengurusan Paspor, Jamaah Calon Haji Rohul Peroleh Kemudahan

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 27/02/2018 - 23:27:42 WIB

PASIRPANGARAIAN, situsriau.com- Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapatkan kemudahan dalam pengurusan paspor untuk keberangkatan tahun 2018 ini.

Kepala kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul  H. Syahrudin, mengatakan,  JCH Rohul pada tahun 2018 tidak perlu lagi ke Kota Pekanbaru, sebab Kemenag Rohul telah teken nota kesepahaman atau MoU dengan pihak Imigrasi Pekanbaru, sehingga pengurusan pasport JCH lebih mudah dan terjangkau.

"Kita sudah melakukan kerjasama atau MoU dengan pihak Imigrasi di Pekanbaru agar pengurusan pasport para JCH asal Rokan Hulu bisa mudah dan cepat," kata Syahrudin, Selasa (27/2/18).

‎Syahruddin menambahkan adanya kerjasama ini, maka JCH Rohul tidak perlu repot lagi pergi, bahkan sampai harus menginap di Pekanbaru untuk mengurus pasport di Kantor Imigrasi.

Diakuinya, setelah MoU, akan ada pegawai dari Imigrasi Pekanbaru yang akan membuka tempat pengurusan pasport khusus bagi para JCH Rohul di Kantor Kemenag Rohul.

Jadwal pengurusan pasport di Kantor Kemenag Rohul sendiri, rencananya pegawai Imigrasi akan datang ke Kabupaten Rohul setiap Sabtu dan Minggu.‎

"Untuk tempat pengurusan pasport di Kantor Kemenag Rokan Hulu akan disediakan," ujarnya.

Syahrudin mengatakan adanya kerjasama ini, tentunya memudahkan pengurusan Pasport para JCH Rohul, sehingga waktu dan biaya juga tidak banyak terbuang. Apalagi pendaftaran memakai sistem online, baru datang ke Kantor Imigrasi.

"Tahun-tahun sebelumnya, pengurusan pasport para JCH Rokan Hulu harus mengurus sendiri ke Kantor Imigrasi di Kota Pekanbaru. Dan pada tahun ini cukup di Kantor Kemenag Rokan Hulu," terang Syahrudin.‎

"Pengalaman dari tahun kemarin, banyak JCH kita yang mengeluh dan kurang mengerti tata cara pembuatan pasport. Bahkan ada yang harus menginap berhari-hari untuk mengurus pasport, sehingga biaya dan waktu banyak terbuang," tambahnya.

Syahrudin mengungkapkan sebagian besar JCH‎ berusia tua banyak yang tidak paham cara pengurusan pasport melalui online.

"Makanya banyak calon jemaah haji kita yang harus menunggu berhari-hari di Pekanbaru," ungkapnya.‎

Syahrudin menerangkan, pada 2018, jumlah JCH Rohul yang berangkat menunaikan ibadah haji sebanyak 420 orang. Menurutnya, kuota haji Rohul tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya, 2017.

Kemenag Rohul, sambung Syahrudin, akan terus melakukan trobosan sehingga proses pemberangkatan JCH ke tanah suci lancar.

Ditanya sistem pembayaran biaya haji satu pintu, ‎Syahruddin mengatakan pihak bank sudah meninjau lokasi tempat pembayaran yang telah disediakan di Kantor Kemenag Rohul.

"Diperkirakan Maret sudah selesai dan JCH kita sudah bisa melakukan pembayaran di Kantor Kemenag Rokan Hulu. Kita minta kesiapan bank saja, kalau kita sudah menyiapkan tempat," demikian Syahrudin.(sr3,in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved