Selasa, 12 November 2019  
Disparbud Rohul Susun Kalender Pariwisata 2018, Ini Daftarnya

Advetorial Rokan Hulu - - Rabu, 28/02/2018 - 23:37:04 WIB


PASIRPANGARAIAN, situsriau.com-‎
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai menyusun Kalender Pariwisata Kabupaten Rohul tahun 2018.

Kepala Disparbud Kabupaten Rohul Drs. Yusmar M.Si mengatakan hasil pendataan dilakukan dinas, termasuk laporan dari pihak kecamatan dan desa, baru sekira 30 persen sampai 40 persen event wisata dan budaya yang sudah terdata.

Yusmar mengaku event wisata dan budaya‎ perlu didata, sehingga diketahui oleh dunia luar, apalagi Kabupaten Rohul belum punya event yang dikenal di tingkat nasional dan internasional, seperti Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir, dan Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Kalander Pariwisata yang kita data ini sudah dilakukan masyarakat setiap tahun didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu," kata Yusmar, Rabu (28/2/18).

Yusmar mengungkapkan pendataan event wisata dan budaya perlu dilakukan. Kalender Pariwisata ini akan dilaporkan ke Dinas Pariwisata Riau dan Kementrian Pariwisata (Kemenpar), sehingga setiap event didukung penuh.

"Sudah kita surati secara resmi pihak kecamatan event-event apa saja yang ada di kecamatan dan desa selama ini. Kenyataannya seperti itu, setelah kita data dan dipublikasi baru muncul‎," ujar pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rohul, Kepala Disdukcapil Rohul, dan Kepala Distamben Rohul ini.‎

Yusmar mengharapkan seluruh kecamatan dan desa mendata event wisata dan event budaya yang ada di daerahnya, sehingga dimasukkan dalam Kalender Pariwisata Kabupaten Rohul, dan disampaikan ke Dinas Pariwisata Riau dan Kemenpar.‎

Berikut‎ Kalender Pariwisata Kabupaten Rohul Tahun 2018:

‎ April: 1. MTQ Tingkat Kabupaten Rohul di Kecamatan Rambah. 2. Balap Lumpur Usai Panen Raya di Kecamatan Rambah Samo‎.

‎ Mei: 1. Trabas Aek Martua di Kecamatan Bangun Purba. 2. Potang Bolimau Menyambut Bulan Puasa di Kecamatan Rambah. 3. Takbir Keliling Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kecamatan Rambah.

‎ Juni: 1. Penegakan Tunggu Adat di Kecamatan Kepenuhan.

‎ Juli: 1. Mandai Ulu Taon di Kecamatan Rambah. 2. Kicau Mania Rohul di Kecamatan Rambah.

‎ Agustus: 1. Festival Sungai Rokan (Rakik Builie)‎ di Kecamatan Rambah. 2. Pacu Sampan Sungai Rokan di Kecamatan Rambah. 3. Lintas Alam‎ Lari Maraton Aek Martua di Kecamatan Bangun Purba. 4. Permainan Rakyat Dalam Rangka HUT RI ke-73 di Kecamatan Rambah. 5. Karnaval HUT RI di seluruh desa di Kecamatan Tambusai.

‎ September: 1. Pawai 1.000 Obor Menyambur 1 Muharram di Kecamatan Ujung Batu.

‎ Oktober: 1. Jelajah Rimba Rokan Hulu di Kecamatan Rambah. 2. Permainan Rakyat Dalam Rangka HUT Rohul ke-19 di Kecamatan Rambah. 3. Musyawarah Sepuluh Suku Adat Luhak Kepenuhan di Kecamatan Kepenuhan.

Desember: 1. Festival Ikan Larangan Sungai Mentawai di Kecamatan Rokan IV Koto. 2. Festival Ayam Denak di Kecamatan Rambah.


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved