Senin, 18 November 2019  
Istri Suku Luhak Rambah
Bupati Rohul Resmi Masuk Suku Melayu Rohul Kandang Kopuh

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 03/04/2018 - 22:43:00 WIB

PASIRPANGARAIAN, situsriau.com- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman resmi masuk suku Melayu Tokanhulu (Rohul) yakni Kandang Kopuh Luhak Rambah. Sedangkan istrinya Hj. Peni Herawati, juga Ketua Tim Penggerak PKK Rohul masuk suku di Luhak Rambah.

Prosesi penyematan suku ini digelar di kediaman H. Amril di Desa Rambah Tengah Hilir, Kecamatan Rambah, Selasa (3/4/2018) ini, sekaligus Bupati Rohul Sukiman juga di‎beri gelar Panglimo Pukaso oleh Ninik Mamak Kandang Kopuh Luhak Rambah.

Pada sambutannya, Bupati Rohul Sukiman yang telah bergelar Panglimo Pukaso mengucapkan terima kasih kepada seluruh Ninik Mamak yang ada di Kabupaten Rohul, terutama Ninik Mamak di Luhak Rambah, karena memperkenankan dirinya masuk suku Kandang Kopuh.

‎Diakui Bupati Sukiman, setelah dirinya resmi masuk suku Kandang Kopuh, tentunya hal itu menjadi sebuah motivasi bagi dirinya. Setelahnya, dirinya juga memiliki tanggung jawab yang sama sebagai anak kemenakan, untuk menjaga nama baik suku dan ninik mamak.‎

"Tanggung jawab menjaga nama baik tentunya ini harus dilakukan, sesuai dengan gelar yang diberikan kepada saya," jelas pria yang pernah mengabdi di Tentara Nasional Indonesia ini.‎

Foto Didis SitusRiau.

Bupati Rohul Sukiman menjelaskan dimana berada, masyarakat harus menjunjung tinggi adat istiadat dan hal itu menjadi keharusan, karena sesuai dengan pepatah dahulu yaitu 'dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung'.

"Ini merupakan sejarah dalam hidup saya, dan saya ucapkan terima kasih kepada ninik mamak yang ada di Rokan Hulu," sampai Bupati Rohul Sukiman.‎

Sementara, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rohul H. Zulyadaini mengatakan dengan masuknya Bupati Rohul Sukiman menjadi bagian dari suku Kandang Kopuh, tentunya hal itu akan ada tanggung jawab yang akan disandangnya ke depannya.‎

Sebagai anak kemenakan dari Suku Kandang Kopuh, tentunya Bupati Sukiman harus menjaga nama baik suku maupun ninik mamak, dan mengayomi serta menjaga anak kemenakannya.

"Ini menandakan bahwa kita semua yang berada di bumi Melayu bisa masuk suku, dan ikut menjaga budaya dan nama baik suku-suku di bumi Melayu," harap pria yang akrab disapa Haji Zul.

Selain dihadiri para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, prosesi adat masuk suku dilakukan Bupati Rohul Sukiman dan istrinya juga dihadiri mantan Bupati Rohul dua priode Drs. H. Achmad M.Si, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, Kepala Kejari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Ketua Pengadilan Negeri Sarudi dan para tokoh adat di Luhak Rambah. (adv)


Foto Didis SitusRiau.

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved