Jum'at, 29 Maret 2024  
Gedung RSUD Rohul‎ 6 Lantai Difungsikan Tahun 2021

Advetorial Rokan Hulu - - Sabtu, 21/04/2018 - 09:34:53 WIB

ROHUL, situsriau.com-Direktur RSUD Rohul, dr. Novil mengatakan,  karyawan dan dokter bukan hanya melayani pasien saja, mereka juga sudah mulai peduli dengan perkembangan RSUD Rohul. Apalagi para karyawan berani memberikan masukan positif ke Bupati Rohul.

“Kita ikut memberikan masukan ke Bupati, itu suatu hal yang bagus. Ke depannya, kita yakin rumah sakit ini akan maju," harap Novil.

Terkait percepatan akreditas gedung 6 lantai RSUD Rohul, Novil mengaku, bahwa pihaknya masih perlu melakukan tahapan dan perencanaan untuk mengajukan anggaran tahun 2019, baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, atau Bantuan Keuangan‎ (Bankeu) dari Pemprov Riau.

“Kita punya target, paling tidak sebelum 2021 kita sudah bisa fungsikan gedung 6 lantai RSUD Rohul," kata Novil optimis.

Kemudian, jumlah dokter spesialis di RSUD Rohul sudah mencukupi. Namun demikian, masih diperlukan penyediaan peralatan kesehatan yang memadai, seperti peralatan bedah dan alat lain, sehingga tidak adalagi pasien yang dirujuk, dan pasien jantung tidak perlu lagi berobat ke rumah sakit di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Sebut Novil, bahwa peralatan kesehatan sebuah rumah sakit seharusnya diupdate setiap tahun, namun karena kekurangan dana, hal itu belum tercapai.

Ketika ditanya berapa dana diperlukan untuk kelanjutan pembangunan gedung 6 lantai RSUD Rohul, sebut Novil, mereka belum menghitungnya. Namun bila dikalkulasikan, untuk kebutuhan kelanjutan pembangunan dan operasional gedung baru 6 lantai RSUD Rohul membutuhkan dana sekira Rp‎ 52 miliar.

Pembangunannya Dilanjutkan 2019

Kemudian, Kepala Dinkes Rohul dr. Bambang Triono, mengakui di akhir 2017, Dinkes Rohul tidak ada‎menganggarkan untuk kelanjutan pembangunan gedung baru 6 lantai RSUD Rohul, sehingga belum bisa dilanjutkan di 2018.

“Di 2018 kita susun lagi rencana kegiatan untuk kelanjutan gedung baru RSUD ini, yakni kelanjutan fisik, sebab di dalam belum ada yang selesai,"

"Bila fisik dulu kita usahakan, baru ke depannya nantinya untuk kelanjutan alat kesehatan dan pendukungnya yang di dalam. Estimasi anggarannya belum dikalkulasikan, namun untuk fisik diperlukan sekira Rp 25 miliar lagi," tambahnya.

Diperkirakan Bambang untuk kontruksi fisik di gedung baru 6 lantai RSUD Rohul, sudah menelan dana tidak sedikit. Di tahap awal, perkiraan Bambang, awalnya pembangunan dibantu dana APBN sekira Rp 12 miliar, dan Bankeu lebih dari Rp 30 miliar.‎(Adv)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved