Senin, 18 November 2019  
Helat MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul Digelar 8 April Mendatang

Advetorial Rokan Hulu - - Sabtu, 09/03/2019 - 10:43:29 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX‎ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), djadwalkan akan digelar pada 8 April 2019 mendatang, dan  MTQ tahun ini lebih cepat digelar dibandingkan tahun 2018.

Jadwal penetapan itu, hasil rapat kedua yang digelar di aula rapat Kantor Bupati dipimpin oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Rohul Ir. M.Ruslan M.Si, kemarin.

Dalam rapat kedua tersebut, dihadiri Kepala diskominfo Rohul Gorneng S.Sos,M.Si, Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar M.Si, Kepala Disperindag Rohul Drs Sariaman M.Si, Kabag Kesra Setda Rohul Umzakirman S.Ag, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Rohul Zulkifli S.Ag,M.PDi, serta perwakilan dari OPD lain yang ada di lingkungan Pemkab Rohul.

Dikatakan Asisten Bidang Ekbang Setdakab Rohul M. Ruslan, rapat sudah dua kali digelar. Rapat pertama sendiri digelar pada Selasa (21/2/2019) lalu.

Disebutkan Ruslan, seluruh peserta rapat dari OPD sudah setuju dan siap mensukseskan kesuksesan pelaksanaan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul yang akan digelar 8 April 2019 mendatang.

‎"Hasil rapat persiapan, seluruhnya setuju dan mereka siap mensupport suskesnya pelaksanaan MTQ tahun 2019 ini," ungkap M. Ruslan usai rapat.

Dikatakan Ruslan, pelaksanaan MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul akan dilaksanakan selama tujuh hari terhitung dari 8 hingga 14 April 2019. Lokasinya sendiri masih dipusatkan di Purna MTQ Rohul, lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih Pasir Pangaraian, Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah.

Terkait jadwal pendaftaran peserta sambung M. Ruslan, dipusatkan di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu, dan hanya dua hari saja, tanggal 6 hungga 7 April 2019.

Kemudian, pelantikan Dewan Hakim dilaksanakan Senin 8 April 2019, dilanjutkan Pawai Taaruf dimulai pukul 14.00 Wib dengan start di depan Kantor Desa Pematang Berangan, dan finish di Astaqa Utama MTQ. ‎

Dimana nantinya, setiap kecamatan juga‎ diharuskan mempersiapkan peserta pawai taaruf MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul minimal 200 orang, dan membawa mobil hias. Dilanjutkan malam harinya, pembukaan MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul mulai pukul 20.00 Wib.

Ruslan mengungkapka, diper helatan MTQ XIX tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019 ini. ada enam cabang yang dilombakan, yakni Cabang Tilawah, Tilawah Qira'at As-Sab'ah, Hifzil Qur'an, Khartil Qur'an, Fahmil Qur'an dan Cabang Syarhil Qur'an.

"Tujuan pelaksanaan MTQ untuk menjaring bibit qori dan qoriah, dalam mendukung pelaksanaan MTQ tingkat provinsi yang Insya Allah biasanya digelar di setiap akhir tahun," kata Ruslan.

Sedangkan diakui Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Rohul Zulkifli, dari rapat persiapan, terutama di bidang Musabaqoh, instansinya sudah memberikan informasi kepada seluruh KUA dan Camat tentang pelaksanaan dan cabang yang akan dilombakan pada MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul.

"Kita juga sudah menyiapkan dewan hakim yang akan memberikan penilaian pada MTQ tahun ini, baik Dewan Hakim provinsi maupun kabupaten," ungkap Zulkifli.

Zulkifli juga mengakui, di MTQ tahun ini ada tambahan cabang lomba yang diperlombakan, yakni Cabang Tilawah Qur'an, terdiri sub cabang Qira'atil Quran yang biasa disebut Qira'ah Sab'ah. Ada tiga cabang dilombakan, yakni Qira'atil Qur'an golongan mujawat dewasa, mujawat golang remaja, dan murotal remaja.

Mengenai apa dibolehkan memakai peserta dari daerah lain, Zulkifli mengaku sesuai instruksi Bupati Rohul Sukiman, seluruh peserta MTQ Tingkat Kabupaten Rohu; adalah anak putra daerah yang lebih diutamakan.

Juga diakui Zulkifli, bahwa ada beberapa cabang yang belum ada di Rohul, seperti Musabaqoh golongan tafsir bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Cabang Khattil Quran.

"Kita masih berikan peluang ke peserta dari luar Rohul, namun dengan catatan tetap dalam wilayah Provinsi Riau. Di luar dari Provinsi Riau kita tidak menerimanya," jelas Zulkifli.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved