Minggu, 09 08 2020  
Siswa SD Muhammadiyah Utusan Rohul Juara III Lomba Mendongeng se-Riau

Advetorial Rokan Hulu - - Kamis, 30/07/2020 - 02:07:17 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com-Pelajar SD utusan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Alfarabi Khawarizmi, sabet juara III dalam ajang lomba mendongeng tingkat Provinsi Riau.

Alfarabi Khawarizmi merupakan pelajar kelas V dari SD Muhammadiah Pasir Pangaraian, Kabupaten Rohul. 

"Dalam lomba itu, Alfarabi Khawarizmi mendongeng dengan judul "Tapah Kudong" (Ikan Tapah Pontong), merupakan dongeng/ cerita Rakyat Rohul karya Hj. Wendri Muharyati. M. MPd yang juga kepala SD Muhammadiyah Pasir Pangaraian. Alhamdulilah utusan Rohul raih juara III," ungkap Kadis Perpustakaan dan Arsip Rohul H. Damri Poti.S.Sos.M.Ap, didampingi kabid perpustakaan Sumardi.S.S.M.Si, Rabu (29/7/20).

Lomba yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau itu dibuka Gubernur Riau diwakili Kadis Dispersip Riau Dr,.Hj. Rahima.M.Si, Selasa (28/7/20) kemarin.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa lomba mendongeng sangat penting dalam upaya tingkatkan dan budayakan minat baca sekaligus meningkatkan mengembangkan kreativitas anak didik di sekolah​. Juga dapat menggali budaya daerah melalui dongeng atau bercerita. 

Kegiatan itu sendiri, merupakan program rutin pusat melalui perpustakaan nasional RI Jakarta setiap tahunnya. Sehingga bagi kabupaten/kota yang  meraih juara 1 akan diutus mewakili Provinsi Riau ke Tingkat Nasional pada Bulan Agustus 2020 yang akan datang. 

Panitia pelaksana Irwan, M. Lib menyampaikan, di tahun 2020 ada 9 kabupaten/kota yang ikut dalam lomba ini, dan lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya guna untuk menunjang program Perpusnas RI Jakarta. Itu sesuai amanat undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Rohul H. Damri Poti berterima kasih, karena Rohul meraih juara III. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama dan pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul.

Dalam lomba itu juara I utusan dari Kota Pekanbaru, juara II dari Kabupaten Siak, Juara III dari Rohul. Harapan I dari Bengkalis,  harapan II dari Dumai dan harapan II dari Imnhil dengan hadiah berupa uang tunai, piala dan handphone dari Gubri. 

"Semoga di masa mendatang kita dapat tingkatkan lagi. Karena kegiatan lomba rutin dilaksanakan setiap tahun, dan alhamdulillah kita terus dapat juara setiap tahunnya," ucapnya. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved