Rabu, 02/08/2017  
Hingga Agustus, Realisasi Fisik Kegiatan Pemprov Riau Capai 47 Persen

Advetorial Pemprov Riau - - Sabtu, 12/08/2017 - 19:30:59 WIB

PEKANBARU, situsriau. com - Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi, menuturkan bahwa Realisasi keuangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau hingga Agustus baru mencapai 30,11 persen. 

"Sedangkan realisasi fisik (kegiatan) di angka 47 persen, " katanya, Sabtu (12/8/17) di Pekanbaru. Persentase tersebut diketahui berdasarkan rapat evaluasi realisasi APBD di bulan Agustus ini.

"Kami menilai serapan anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sejauh ini berjalan normal. Hanya saja saat ini OPD dihadapkan pencermatan mana-mana saja anggaran di instansinya yang akan dilakukan rasionalisasi," kata Masperi.

Dia mencontohkan, ketika Pemprov Riau harus melakukan perubahan minus di APBD Perubahan sebesar Rp1 triliun, artinya sudah 10 persen dari ketersediaan anggaran Pemprov Riau sebesar Rp11 triliun. Maka ketika saat ini target sudah dicapai 30,11 persen, sementara beban kerja berkurang Rp1 triliun, tentu akan menambah bobot pekerjaan sebesar 10 persen. 

"Misalnya realisasi fisik 47 persen itu targetnya jalan 5 kilometer, nanti kita revisi targetnya tidak segitu lagi, tapi menjadi 4 kilometer. Maka realisasi 47 persen itu akan menjadi tinggi atau bertambah 10 persen menjadi 57 persen," terang Masper mencontohkan.

Karena itu disimpulkan Masperi, sesuai dengan bobot tertimbang time schedule melalui kurva, diketahui realisasi kegiatan di OPD sudah berjalan sesuai dengan target bulanan dan tahunan. Kalau kendala yang dihadapi OPD masih mengenai mana-mana anggaran yang akan dirasionalisasi. 

"Untuk masalah itu baru bisa masuk di APBD Perubahan. Ketika KUA-PPAS nanti sudah disepakati antara Pemprov dan DPRD Riau, maka sudah bisa diketahui berapa angka pasti rasionalisasi. Kalau sekarang realisasi di OPD itu rata-rata mencapai 30-35 persen," tandasnya.(sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved