Selasa, 20 08 2019  
Gubri Minta Perbaikan Jalan Rusak Dilakukan Swakelola

Advetorial Pemprov Riau - - Rabu, 12/06/2019 - 10:54:36 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Sejumlah ruas jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di wilayah kabupaten dan kota, saat ini banyak yang mengalami kerusakan parah. Untuk memperbaikinya, Pemprov Riau akan menerapkan pola swakelola.


Hal itu dikatakan Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi, seperti dilansir dari cakaplah.com, Selasa (11/6/19).

"Jalan provinsi yang rusak di daerah itu memang saya alami setelah saya menjabat gubernur, jalan-jalan kita ini banyak yang parah-parah," kata Gubri.

Karena itu, lanjut Syamsuar, agar kerusakan jalan di Provinsi Riau tidak terlalu banyak, diminta kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau untuk membuat pola baru dalam pemeliharaan jalan.

"Saya sudah minta ke pak Dadang (Kadis PUPR) agar proses pemeliharaan jalan jangan dilakukan seperti sekarang (tunggu tender)," ujarnya.

Sebab, Gubri menilai pola saat ini semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) menunggu tender pekerjaan baru dilaksanakan pemeliharaan jalan.

"Kalau seperti itu berarti sudah sempat rusak baru diperbaiki. Saya minta pekerjaan ini swakelola yang ditender itu bahan bangunan saja," katanya.

Menurutnya, kalau pekerjaan jalan dilakukan swakelola, maka bahan tetap tersedia. Sehingga ketika ada jalan rusak dan berlubang bisa langsung dikerjakan, tanpa harus menunggu tender.

"Pola ini bisa mengurangi biaya sekaligus mempercepat perbaikan jalan. Itu salah satu cara cepat bisa kita lakukan untuk mempercepat pemeliharaan jalan di Provinsi Riau. Itu yang saya minta kepada kepala dinas, jangan tender-tender kerusakan bertambah, dan orang cidera," katanya.

Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan, pekerjaan pemeliharaan jalan swakelola atau e-katalog sudah ada di UPT PUPR Riau.

"Maksud pak Gubernur mungkin e-katalog. Itu sudah ada. Jadi UPT-UPT cara bekerjanya seperti itu, tanpa lelang mereka bisa langsung melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan, karena bahan sudah ada di lelang," sebut Dadang. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved