Selasa, 12 Desember 2017  
Pemko Pekanbaru Jaring Wisman Melalui Pagelaran Seni dan Budaya

Advetorial Pekanbaru - - Sabtu, 02/12/2017 - 09:22:14 WIB

PEKANBARU, situsriau. com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, menjaring wisatawan mancanegara (Wisman). Caranya, pemerintah akan mengadakan pargelaran seni dan budaya rutin. 

Wisman yang ditarget yang berasal dari negeri jiran Malaysia. Ke depan akan ada pagelaran budaya Melayu secara rutin di taman, rumah singgah, dan hotel-hotel. 

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pekanbaru, Ardiansyah, menuturkan, tercatat ribuan kelompok dan pegiat seni budaya Melayu yang tersebar di Kota Pekanbaru. Nantinya, akan diberikan pelatihan-pelatihan agar dapat lebih baik dalam tampil di muka umum. 

Disbudpar juga berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekanbaru. Selain menampilkan budaya melayu secara langsung, pihaknya juga mendorong agar hotel-hotel, bandara dan tempat umum lainnya dapat memutar musik Melayu bagi pengunjung. 

Agar ini berjalan lancar, rencana tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Walikota Pekanbaru yang direncanakan akan selesai disusun pada Desember 2017 mendatang.  "Dalam Perwako nanti juga diatur bagaimana membudayakan memakai tanjak pada hari-hari tertentu," kata Ardiansyah di Pekanbaru, kemarin.

Sementara itu, Konsulat Malaysia di Pekanbaru menyambut baik rencana Pemerintah untuk mendorong budaya melayu di masyarakat. Menurut konsul Malaysia di Pekanbaru, Hardi Hamdi, wisatawan Malaysia tertarik mengujungi Pekanbaru karena persamaan budaya. 

Data yang diperoleh Konsulat Malaysia, setiap bulan terdapat 3.000 wisatawan Malaysia mengunjungi Pekanbaru pada 2016 lalu. "Tahun ini kita belum ada datanya, namun yang pasti kemungkinan besar pasti bertambah," imbuhnya. (sr5, in) 

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved