Jum'at, 14 08 2020  
Upaya Pemkab Pelalawan Atasi Dampak Covid-19, Mulai Pergeseran Anggaran Hingga Bagikan BLT

Advetorial Pelalawan - - Rabu, 08/06/2020 - 08:51:09 WIB
Bupati Harris dan Tim Gugus Covid-19
PELALAWAN, situsriau.com- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam menekan penyebaran ataupun menanggulangi dampak virus corona atau covid-19 terhadap masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Pelalawan adalah mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 sebesar  Rp6,95 miliar.

Anggaran tersebut bersumber dari pergeseran anggaran di Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pelalawan.
 
Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk berbagai kegiatan, mulai dari penyediaan alat pelindung diri (APD), hingga untuk bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. "Pemerintah daerah berada di garis terdepan dalam usaha pencegahan penyebaran Covid-19, masyarakat yakinlah kita akan berbuat untuk menekan enyevaran covid ini,” ucap buati HM Harrisdalam satu kesempatan saat ditemui awak media.

Tak hanya pergeseran anggaran di sektor lesehatan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga menghitung platform untuk penanggulangan virus corona secara menyeluruh dalam semua sektor termasuk sosial, ekonomi dan pendidikan. Untuk penangan menyeluruh ini,  pemerintah Kabupaten Pelalawan membutuhkan dana Rp63 mmliar.

Bupati  dan Tim Gugus Covid-19 menerima bantuan APD  dari perusahaan yang beroperasi di Pelalawan


Untuk mendapatkan anggaran sebesar itu, semua organisasi perangkat daerah (OPD) dilibatkan untuk memasngkas semua kegiatan dan program yang dianggap tidak sangat penting,  untuk dialihkan ke program penanggulangan Covid-19. "Semua kegiatan yang tidak pentng dipasngkas dan diaihkan untuk penanganan covid-19 ini," kata Harris seraya mengatakan kegiatan seperti MTQ, Balimau Kasai, hingga Pelalawan Expo termasuk juga kegiatan rapat, pertemuan rutin, pelatihan, sampai Kunjungan Kerja (Kunker) dipangkas.

Agar realisasinya tepat sasaran serta tidak ada penyelewengan dana dalam pelaksanaan dan penggunaan dana sebesar Rp 63 M itu, Pemkab Pelalawan menggandeng aparat penegak hukum dari Kejaksaan maupun Kepolisian. .

Uapaya lain yang dilakukan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19 di kabupaten Pelalawan adalah dengan menyiapkan Posko Covid-19 di setiap kecamatan serta ruang isolasi khusus di RSUD Selasih Pelalawan. "Di RSUD Selasih kita mempunyai 6 Ruang Isolasi dan puskesmas berjumlah 28 ruang. Total kita punya ruang isolasi 34 ruangan yang sesuai dengan standar Kemenkes," kata Bupati Pelalawan HM Harris saat meninjau ruang isolasi di RSUD Selasih.

HM Harris mengatakan aksi nyata serta kerja sama seluruh masyarakat masyarakat merupakan kunci penting dalam penanganan penyebaran Covid-19. “Aksi nyata ini menjadi wujud bakti kami sebagai agen pemerintah untuk membantu penanganan dan menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat,” kata Bupati Harris.

Bupati HM Harris menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19


Aksi nayata lainnya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yaitu menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Baru-baru ini, Bupati Harris langsung menghadiri penyerahan BLT di Kecamatan Pangkalan Kuras. BersamaKetua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, Buaoti  menyerahkan bantuan untukk 135 keluarga dari Desa Sialang Indah sebanyak 150 keluarga serta untuk Desa Beringin Indah sebanyak 115 keluarga.

H.M Harris berharap kepada masyarakat penerima BLT agar dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pokok. "Gunakan bantuan ini untuk hal penting seperti membeli kebutuhan pokok," pesan Bupati seraya mengakui penyaluran BLT di berbagai tempat terjadi keterlambatan akibat masalah teknik.

"Kita akui ada keterlambatan pengiriman data dari kecamatan. Namun sambil jalan data tersebut telah kita rampungkan. Dan selanjutnya dilakukan pembagian BLT," katanya. (advertorial)


Melalui Koperasi dan UMKM, Pemkab Pelalawan Bertekad Lahirkan Entepreneur Handal
Bupati HM Harris: Program Pelalawan Terang Tingkatkan Rasio Elektrifikasi
Persiapan Pelalawan Expo Capai 75 Persen
Pelalawan Expo 2016 Juga Gelar Job Fair
Januari-Juni, Rp 2,1 Triliun Investasi Ditanamkan Pemodal di Pelalawan
Pabrik Percetakan Al-Quran Akan Berdiri di Pelalawan
Pusat Kirim 8.000 Blanko, Disdukcapil Pelalawan Bisa Cetak e-KTP Lagi
Pelalawan Ekspo Bakal Dimeriahkan Artis Iis Dahlia
Pelalawan Expo Siap Digelar, Persiapan Sudah Capai 80 Persen
Bupati Pelalawan Terima Desa Wisata Award Tahun 2017
BKD Segera Serahkan SK 100% 272 CPNS Pelalawan
23 Mei, Bupati Haris Launching Program Magrib Mengaji
Pelalawan Terus Upayakan Penyelesaian Batas Wilayah dengan Kabupaten Lain
Disdukcapil Catat 85 Persen Warga Pelalawan sudah Rekam e-KTP
Keluyuran di Jam Kerja, ASN Pelalawan Siap-siap Dirazia Satpol PP
Dapat Apresiasi Nasional, Total Asset Koperasi di Pelalawan Nyaris Rp 300 Miliar
Bakal Dihapus, Dua Aset Pemkab Pelalawan segera Dilelang
Disdukcapil Pelalawan Kembali Lakukan Pencetakkan e-KTP
Saat Safari Ramadhan di Masjid Nurussalam, Wabup Ajak Warga Pelalawan Hindari Hoax
Utang Proyek RSUD Selasih Rp5,6 Miliar, Pemkab Janji Bayar Tahun Ini
Rangkaian HUT, Pelalawan Expo 2016 Digelar 6-12 Oktober
Tingkatkan PAD, Pelalawan Garap Sektor PBB-P2 dengan Target Rp 21 M Setahun
Pelalawan Masuk Koridor IV Jalur Kereta Api Trans Sumatra
Desember, Jalan Lingkar Pangkalankerinci Ditargetkan Selesai
Sejauh Ini, Disnaker Pelalawan Belum Ada Terima Aduan soal THR
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved