Jum'at, 16 November 2018  
Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas

Advetorial Rokan Hilir - - Selasa, 15/11/2016 - 16:02:56 WIB
Bupati Suyatno saat kunjungan ke daerah selalu berdialog dengan warga
BAGANSIAPIAPI, Situsriau.com- Bupati Rokan Hilir, H Suyatno, mengemukakan bahwa sangat optimis dalam mengentaskan kemiskinan. Pasalnya, tiga program skala prioritas masih menjadi skala prioritas dalam APBD tahun anggaran 2016, meski ada pengurangan begitu fantastis.

"Ya, kita sangat optimis secara perlahan-lahan kemiskinan akan hilang dari bumi Rohil. Itu sudah menjadi komitmen sejak awal. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka sarana dan prasarana dibenahi secara global," ungkap orang nomor wahid di Rohil itu.

Menurutnya, bukan hanya terfokus melakukan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur. akan tetapi, masih banyak hal yang lain sangat dilaksanakan. Semua ini demi kemajuan pembangunan secara global dikampung halaman. Bahkan salah satu penyebab dari keterlambatan dalam mengejar ketertinggalan daerah ini dikarenakan masih lemahnya sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, untuk mengejar ketertinggalan SDM tersebut mutu pendidikan dan kesehatan perlu menjadi perhatian serius ditahun 2016 ini.

"Yang jelas, kita telah memiliki tingkat teknis idealnya seiring dengan stessing diatas. Maka, selayaknya dunia pendidikan dan kesehatan menjadi perhatian serius. Sehingga permasalahan ini dapat dikelola dengan baik dalam mencapai visi dan misi pemerintahan Rohil," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa sejauh ini dinilai kualitas mutu pendidikan boleh dikatakan masih lemah. Untuk itu, kondisi seperti ini harus dibenahi secara menyeluruh. Artinya, dunia pendidikan termasuk juga dalam program yang berskala prioritas.

Sesuai dengan kenyataan dilapangan, bahwa penanganan dan penyelesaian permasalahan dunia pendidikan dan kesehatan akan dijalankan dengan semestinya. Jika kedua ini dapat diperhatikan secara global akan mendorong meningatkan SDM yang berkualitas. Untuk mendorong hal itu semua, sarana dan prasarana pendidikan segera dibenahi begitu juga dengan sarana kesehatan.

Diakui, bahwa masih banyak dijumpai sarana-sarana pendidikan dan kesehatan yang kurang memadai. Dan bahkan pada titik tertentu dimana masyarakatnya cukup banyak belum dapat memenuhi akan pendidikan dankesehatan yang memadai. Sehingga penangan dalam upaya mengangkat SDM perlu ekstra kerja keras.

"Memang dalam meningkatkan SDM yang berkualitas tidak mudah. Tetapi kalau kita semua dapat bersinergi dan bekerja sama secara otomatis SDM bagus akan muncul dengan sendirinya. Saya yakin dan percaya, Rohil akan menjadi kabupaten yang gemilang dan terbilang dimasa-masa yang akan datang," kata Bupati optimis.


Wabup Djamiluddin saat meninjau infrastruktur yang akan dibangun untuk hindari abrasi


Visi dan Misi Wajib Diaplikasikan

Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kabupaten Rokan Hilir di Gedung Serba Guna, Bagansiapiapi, Rabu (14/9). Kegiatan ini sebagai wujud mengaplikasikan visi dan misi Pemkab Rohil lima tahun kedepan.

"Musrenbang ini sebagai bentuk amanah dalam sistem meningkatkan roda pembangunan secara global. Dan bisa juga dikatakan sebagai acuan segala bentuk program. Ini suatu hal yang sangay penting silakikan," kata orang nomor satu Rohil.

Menurut Bupati, bahwa secara utuh Musrenbang RPJMD ini sebagai acuan rentra dan renja dimasing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dan termasuk program RKPD Pemkab Rohil. Berdasarkan itu maka perlu diwujudkan apa yang telah menjado visi dan misi Rohil hingga 2021 mendatang.

Penyusunan RPJMD Rohil sebagai rencana kebijakan pembangunam dilakukan dengan memperhayikan kondisi sedang berkembang. Serta dapat mengakomodasi perubahan internal dan eksternal. Pada ruang lingkup nasional telah terjadi perubahan sistem perencanaan yang menuntut penyesuain berbagai pranata perencanaan pembangunan di daerah.

Adapun visi dan misi Pemkab Rohil yakni terwujudnya Rohil sebahai kawasan sentra industri, masyarakat madani dan mandiri, kemandirian daerah dan masyarakat sejahtera. Sedangkan miso membangun masyarakat Rohil yang berbudaya melayu, berakhlak, beriman dan bertakwa. Juga termasuk membangun industri hulu dan hilir dan tak lupa pula mengembangkan Sumbar Daya Manusia yang berkualitas.

Upaya kerja keras dengan dukungan masyarakat telah menghasilkan capaian yang cukup bagus dan siginifikan. Salah satu pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat pesat. Oleh karena itu, guna menyaring aspiraso masyarakat hendaknya dapat berpartisipasi demi terciptanya pembangunan Rohil meningkat disetiap kecamatan.

"Saya menyampaikan terima kasih banyak atas kehadiran agar dapat menyempurnaan visi n misi. Saya buka pintu lebar-lebar tiap kecamatan satukan tekad bangun Rohil. Sehingga apa yang kita cita-citakan seksama dapat terwujud," kata Bupati mengakhiri.


Bupati Suyatno meniti jembatan darurat dari potongan kayu saat menyeberangi sungai


DPRD Tekankan SKPD Tingkatkan Potensi PAD

Wakil Ketua DPRD Rokan Hilir, Drs Syarifuddin, MM, menginginkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar dapat bekerja lebih optimal dalam pengunaan APBD tahun 2016 ini. Agar dapat masing-masing SKPD dapat meningkatkan potensi PAD.

"Kita melihat dalam akhir-akhir ini ada kencendrungan penerimaan daerah terus mengalami penurunan. Oleh karena itu, tahun ini masing-masing SKPD harus realistis dalam pengunaan anggaran. Artinya, bagaimana SKPD dapat memiliki orientasi untuk menarik sumber dana dari Pemerintah Provinsi Riau maupun Pusat," kata politisi PKB Rohil.

Ia menguraikan, khusus kepada SKPD yang mempunyai target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sudah selayaknya, sedari dini terus berupaya menggali dan melakukan berbagai terobosan dalam menarik potensi PAD. Sehingga sumber PAD yang didapat dapat meningkat.

Selanjutnya,dihimbau kepada seluruh SKPD untuk dapat memperhatikan beberapa hal penting dalam kegiatan. Karena perencanaan menjadi suatu yang dianggap penting agar pelaksanaan program kegiatan dapat dipertanggungjawabkan. Agar tidak ada yang terkesan mendadak dilaksanakan dalam tahun ini.

"Saya yakin dan percaya, masing-masing SKPD dapat lebih optimal dalam menjalankan rutinitas tugas. Sehingga apa yang kita harap-harapkan secara seksama dapat terwujud," kata Syarifuddin mengakhiri. (Advertorial)


Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas
Surya Arfan: Jadikan Alquran Pedoman Hidup Sehari-hari
Pulau Jemur, Destinasi Wisata Andalan Rokan Hilir
Disdukcapil Rohil Permudah Warga Urus e-KTP Sesuai Surat Edaran Kemendagri
Jembatan Pedamaran Rohil Diresmikan Bersamaan Ritual Bakar Tongkang
Kerjasama Dispenda Rohil - Bank Riau Kepri, Bayar PBB-P2 Kini Bisa Online
Inilah Strategi Jitu Wabup Rohil Himpun Aspirasi Masyarakat
Penguatan Peran Satpol PP Rohil, Upaya Pemkab Maksimalkan Penerapan Perda
Mutasi, 8 Perwira Menengah di Polres Rohil Sertijab
Potensi Perkebunan Rohil Menjanjikan, Pemkab Dorong Petani Manfaatkan Lahan
Dukung Pemekaran Rokan Tengah, Ribuan Warga Padati Mubes di Tanah Putih
Berawal dari Guru, Kini Jamiludin Jadi Wakil Bupati
Rokan Hilir Menuju Swasembada Pangan 2017
Pemkab Rohil Optimalkan Sektor Perikanan
4 Direksi BUMD Bertekad Dongkrak PAD Rohil
Pemkab Rohil Apresiasi Program Bank Sampah, Berikan Mesin Pencacah Plastik
Komit Gali Potensi Qori Asli Daerah, Bupati Rohil Lantik Dewan Hakim MTQ ke XII
SPAM Regional, Jawaban Atasi Krisis Air Bersih di Rokan Hilir
Tradisi Bakar Tongkang Rohil Bakal Tampil di TMII
Pemkab Rohil Rutin Bangun Rumah Nelayan, Tahun Ini Serahkan 20 Unit Rumah
SPAM Regional Diyakini Mampu Atasi Krisis Air Bersih di Rohil
Para ASN di Rohil Dihimbau Ikuti Program Tax Amnesty
DPRD Rohil Dukung Pembinaan Qori Mulai Tingkat Kecamatan
Program Gemar Membaca, Rohil Segera Bangun Perpustakaan Hingga ke Desa
Rohil Masih Butuh 5.000 Unit RLH, Bakal Dibangun Bertahap
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved