Rabu, 12 Desember 2018  
Rohil Ciptakan Generasi Muda Handal Melalui Pramuka

Advetorial Rokan Hilir - - Selasa, 17/10/2017 - 22:32:37 WIB

BAGANSIAPIAPI, Situsriau.com- Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti orang muda yang suka berkarya. Kiprahnya tidak diragukan dalam konteks membangun karakter bangsa (Build National Character), serta menjadi wahana pengembangan kepemimpinan bagi kaum muda di Indonesia.

Keberadaan Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah bangsa serta dalam upaya pendidikan karakter bagi generasi bangsa Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2017, Gerakan Pramuka telah memasuki usia yang ke-56 tahun. Sebuah usia jika dilihat dari fase perjalanan manusia merupakan usia yang sudah matang. Untuk itu, tentu keberadaan Gerakan Pramuka menjadi salah satu organisasi yang menjadi garda dalam melakukan pendidikan karakter bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Rohil

Bupati Rokan Hilir (Rohil), H. Suyatno yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka 0410 Rohil memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan (Buper) Datuk Comel, Kecamatan Rimba Melintang, Senin (14/8/2017). Menurut dia, dari tahun ketahun acara hari pramuka di Rohil selalu saja ada peningkatan.

"Ini menunjukkan kebersamaan dan kekompakan kita dalam melaksanakan tugas-tugas yang telah dipercayakan kepada masing-masing kita," kata Bupati usai memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-56.


Foto Didis Mardisna.

Ia mengatakan bahwa gerakan pramuka bisa menciptakan generasi muda yang berkarakter dan mampu bersaing dalam pembangunan. "Karena itu gerakan pramuka harus bersifat total," kata dia.

Dia menjelaskan, gerakan pramuka merupakan salah satu ujung tombak pendidikan karakter bangsa. Lebih lanjut Suyatno mengatakan, pemerintah mengapresiasi sepak terjang gerakan pramuka selama ini. "Gerakan pramuka telah membantu pemerintah dalam melaksanakan pendidikan karakter kepada generasi muda," katanya.

Gerakan pramuka, tambahnya, telah juga melaksanakan pendidikan-pendidikan keterampilan kepada anggotanya, sehingga mendorong mereka untuk mampu mandiri secara ekonomi yang dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan rakyat.

"Pemerintah mendorong gerakan pramuka untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai organisasi kepanduan dan sebagai organisasi yang paling konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan karakter kepada anggotanya," tuturnya.

Dia juga menegaskan bahwa tantangan gerakan pramuka semakin berat di masa mendatang. "Selain dihadapkan dengan persoalan kapasitas dalam menyelenggarakan pendidikan karakter, gerakan pramuka juga dihadapkan pada berbagai problematika generasi muda saat ini," katanya

Ia memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama kegiatan pramuka berlangsung. "Tadi laporan dari pak Sekda ada 1200 peserta yang mengikuti perkemahan pramuka, tahun lalu saja 800 peserta. Ini suatu peningkatan angka yang luar biasa. Tapi kita sudah sadar bahwa keberadaan pramuka itu sangat dinanti-nantikan oleh pemerintah. Semua kecamatan ikut tampil, sudah sekian hari mereka disini dan hari ini mereka sudah pulang ke masing-masing kecamatan," katanya.

Momentum Hari Pramuka ke-56 ini, ia berharap kedepan gerakan pramuka Rohil harus ditingkatkan lagi. Namun, ia menegaskan semua itu juga perlu dukungan dari pemerintah daerah setempat untuk membenahi sarana dan prasarana lokasi perkemahan.

"Memang kalau melihat kondisi Buper sekarang ini sudah bagus, pohonnya juga asri dan sejuk. Tapi masih ada lagi beberapa sarana prasarana yang harus dilengkapi. Tahun depan akan kita bangun Mushalla di Buper ini, termasuk kita buat kolam ikan, tempat para tamu undangan, begitu juga tempat Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) harus ada disini," ujarnya.

Foto Didis Mardisna.


7 Pembina Pramuka Rohil Terima Penghargaan Pancawarsa

Sebanyak tujuh pembina gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menerima lencana Pancawarsa usai upacara peringatan Hari Pramuka ke-56 yang digelar di Bumi Perkemahan (Buper) Datuk Comel, Kecamatan Rimba Melintang, Senin (14/8/2017).

Adapun ketujuh pembina pramuka yang mendapatkan tanda penghargaan bagi anggota dewasa tersebut, diantaranya Eko Budiono Sulisto (Pancawarsa I) pengabdian enam tahun, Wulandari S.Pd (Pancawarsa I) pengabdian tujuh tahun, Budiono S.Pd (Pancawarsa I) pengabdian delapan tahun, Ismail Saleh S.Pd (Pancawarsa I) pengabdian delapan tahun, Darma Setya pengabdian 16 tahun, Khairul (Pancawarsa 6) pengabdian 30 tahun, dan Bambang Edy Subagio (Pancawarsa 7) masa pengabdian 38 tahun.

Diacara yang sama juga diberikan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Darma Bhakti kepada Bupati H. Suyatno selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Rohil, Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan selaku Mabicab Rohil, kemudian Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. H. Surya Arfan, M.Si selaku Ketua Kwarcab Rohil, H. Ali Asfar, S.Sos M.Si sebagai Waka Bidang Keuangan Rohil, dan H. Azwar, S.Pd, M.Si selaku Sekretaris Kwarcab gerakan pramuka Rohil.

Selain itu, juga dilakukan pelantikan tujuh Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Pramuka Rohil. Adapun Kamabiran yang dilantik, diantaranya Camat Bagan Sinembah Sakinah, Camat Tanjung Medan Mursal, Camat Pujud Hasyim, Camat Batu Hampar Satari, Camat Tanah Putih Ramlan, Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Normansyah, dan Camat Rimba Melintang Burhanuddin. (Adv/Humas)



Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas
Surya Arfan: Jadikan Alquran Pedoman Hidup Sehari-hari
Pulau Jemur, Destinasi Wisata Andalan Rokan Hilir
Disdukcapil Rohil Permudah Warga Urus e-KTP Sesuai Surat Edaran Kemendagri
Kerjasama Dispenda Rohil - Bank Riau Kepri, Bayar PBB-P2 Kini Bisa Online
Jembatan Pedamaran Rohil Diresmikan Bersamaan Ritual Bakar Tongkang
Inilah Strategi Jitu Wabup Rohil Himpun Aspirasi Masyarakat
Mutasi, 8 Perwira Menengah di Polres Rohil Sertijab
Potensi Perkebunan Rohil Menjanjikan, Pemkab Dorong Petani Manfaatkan Lahan
Penguatan Peran Satpol PP Rohil, Upaya Pemkab Maksimalkan Penerapan Perda
Dukung Pemekaran Rokan Tengah, Ribuan Warga Padati Mubes di Tanah Putih
Berawal dari Guru, Kini Jamiludin Jadi Wakil Bupati
Rokan Hilir Menuju Swasembada Pangan 2017
4 Direksi BUMD Bertekad Dongkrak PAD Rohil
Pemkab Rohil Optimalkan Sektor Perikanan
SPAM Regional, Jawaban Atasi Krisis Air Bersih di Rokan Hilir
Pemkab Rohil Apresiasi Program Bank Sampah, Berikan Mesin Pencacah Plastik
Komit Gali Potensi Qori Asli Daerah, Bupati Rohil Lantik Dewan Hakim MTQ ke XII
Tradisi Bakar Tongkang Rohil Bakal Tampil di TMII
Pemkab Rohil Rutin Bangun Rumah Nelayan, Tahun Ini Serahkan 20 Unit Rumah
SPAM Regional Diyakini Mampu Atasi Krisis Air Bersih di Rohil
DPRD Rohil Dukung Pembinaan Qori Mulai Tingkat Kecamatan
Rohil Masih Butuh 5.000 Unit RLH, Bakal Dibangun Bertahap
Para ASN di Rohil Dihimbau Ikuti Program Tax Amnesty
Program Gemar Membaca, Rohil Segera Bangun Perpustakaan Hingga ke Desa
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved