Gubernur Riau (Gubri), H. Arsyadjuliandi Rahman saat melakukan peresmian pemancangan tiang pertama tanda dimulainya pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis) ">
Selasa, 12 Desember 2017  
SPAM Regional Durolis Ikon Pariwisata Kawasan Pesisir Riau

Advetorial Rokan Hilir - - Rabu, 01/11/2017 - 15:52:41 WIB

BAGANSIAPIAPI, situsriau.com- Tidak ada manusia yang sanggup hidup tanpa minum. Begitu pula, air bersih layak minum menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan. Karena air adalah hal yang terpenting dalam kehidupan. 

Gubernur Riau (Gubri), H. Arsyadjuliandi Rahman saat melakukan peresmian pemancangan tiang pertama tanda dimulainya pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis) yang berkapasitas 1500 liter per detik, di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (21/8/2017).

Gubri mengatakan, pembangunan SPAM Regional Durolis ini merupakan proyek yang tercepat menurut Kementerian PUPR dibandingkan proyek yang sejenis di provinsi lain. Semua itu tidak terlepas pendampingan yang dilakukan Kementerian PUPR dan juga semangat dari Dinas PU Provinsi dan kabupaten/kota di Riau. 

"Master Plannya sudah dimulai sejak tahun 2014, 2015 dilanjutkan dengan feasibility study atau penyusunan studi kelayakan, kemudian 2016 detail engineering design (DED), dan 2017 pembangunan SPAM Regional Durolis dimulai," ujar Arsyadjuliandi Rahman.

Menurutnya, proyek strategis yang dianggarkan hingga 2019 nanti diperkirakan menelan biaya kurang lebih Rp800 Miliar. “Dana tersebut bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD masing-masing kabupaten/kota,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berterima kasih kepada tim provinsi dan kabupaten/kota yang selama ini koordinasi terhadap pembangunan SPAM Regional Durolis berjalan dengan baik. "Mudah-mudahan koordinasi seperti ini kita ditingkatkan terus," harap Gubri.

Foto Didis SitusRiau.

Bupati Rohil, H. Suyatno memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Kementerian PUPR yang telah berkiprah untuk Provinsi Riau, khususnya Rohil, Dumai dan Bengkalis. Karena menurutnya membangun SPAM Regional Durolis ini bukan perkara gampang dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Jadi perhatian dari pemerintah saat ini terhadap daerahnya sangat kuat sekali, apalagi Rohil ini salah satu daerah termasuk daerah yang paling ujung pesisir berbatasan dengan Selat Melaka," ujarnya.

Bupati mengatakan, pembangunan SPAM Regional Durolis sudah lama di idam-idamkan, namun ia berharap pekerjaan pertama ini tidak hanya sampai disini saja dan harus berkelanjutan. "Siapa yang bertanggung jawab melanjutkan pembangunan SPAM Durolis ini tentunya kepada Bapak Menteri PUPR bersama Pak Gubri nantinya untuk melanjutkan pembangunannya," katanya. Sementara tanggung jawab pemerintah daerah sendiri, lanjut Suyatno, dimana tahun 2018 Pemkab Rohil sudah menganggarkan dana sebesar Rp28 Miliar untuk penyambungan pipa dari rumah kerumah.

“Tahap pertama hanya mendapat tiga kecamatan dulu, sementara di Rohil ini ada 18 kecamatan. Untuk tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako. Kecamatan yang lain nanti akan menyusul,” katanya lagi.

Orang nomor satu di Rohil itu juga menyampaikan bahwa baru-baru ini rekan-rekan di DPRD Rohil ingin nama Durolis dirubah jadi Rodulis (Rohil, Dumai dan Bengkalis), mengingat sumber air baku berasal dari Kabupaten Rohil. "Teman-teman di DPRD Rohil menginginkan agar nama SPAM Regional Durolis dirubah jadi Rodulis," tambahnya.

Direktur Sistem Pengembangan Air Minum Ir. Muhammad Sundoro, M. Eng mengungkapkan, pembangunan SPAM Regional Durolis ini memanfaatkan sumber air baku dari Sungai Rokan yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hilir, yang nantinya akan dirasakan tiga kabupaten di Riau yakni Rohil, Dumai dan Bengkalis.

Foto Didis SitusRiau.

Berdasarkan rencana kapasitasnya, terang Sundoro, SPAM Regional Durolis seluruhnya sebesar 1500 liter per detik. Tahap pertama hingga 2018 400 liter per detik, kemudian selanjutnya tahap kedua di 2021 akan dilihat sejauh mana progres tahap pertama nanti. "Jadi diharapkan nantinya SPAM Regional ini akan memberikan pelayanan air minum kepada sekitar 600.000 jiwa di tiga daerah di Riau," katanya.

Disamping SPAM Regional Durolis di Tanah Putih Tanjung Melawan, ia juga berharap agar SPAM yang telah dibangun 2014 lalu di Ujung Tanjung juga dapat dioperasionalkan. "Kemudian, untuk usulan perubahan Durolis menjadi Rodulis itu sulit untuk dirubah, karena progress pembangunan sudah ada dalam program kerja Presiden Joko Widodo dan juga telah menjadi Perpres," ujarnya. (Adv/Humas)


Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas
Surya Arfan: Jadikan Alquran Pedoman Hidup Sehari-hari
Pulau Jemur, Destinasi Wisata Andalan Rokan Hilir
Jembatan Pedamaran Rohil Diresmikan Bersamaan Ritual Bakar Tongkang
Disdukcapil Rohil Permudah Warga Urus e-KTP Sesuai Surat Edaran Kemendagri
Mutasi, 8 Perwira Menengah di Polres Rohil Sertijab
Rokan Hilir Menuju Swasembada Pangan 2017
Pemkab Rohil Apresiasi Program Bank Sampah, Berikan Mesin Pencacah Plastik
Berawal dari Guru, Kini Jamiludin Jadi Wakil Bupati
Inilah Strategi Jitu Wabup Rohil Himpun Aspirasi Masyarakat
Penguatan Peran Satpol PP Rohil, Upaya Pemkab Maksimalkan Penerapan Perda
Kerjasama Dispenda Rohil - Bank Riau Kepri, Bayar PBB-P2 Kini Bisa Online
Pemkab Rohil Optimalkan Sektor Perikanan
Potensi Perkebunan Rohil Menjanjikan, Pemkab Dorong Petani Manfaatkan Lahan
Tradisi Bakar Tongkang Rohil Bakal Tampil di TMII
SPAM Regional, Jawaban Atasi Krisis Air Bersih di Rokan Hilir
Komit Gali Potensi Qori Asli Daerah, Bupati Rohil Lantik Dewan Hakim MTQ ke XII
Dukung Pemekaran Rokan Tengah, Ribuan Warga Padati Mubes di Tanah Putih
SPAM Regional Diyakini Mampu Atasi Krisis Air Bersih di Rohil
DPRD Rohil Dukung Pembinaan Qori Mulai Tingkat Kecamatan
Pemkab Rohil Rutin Bangun Rumah Nelayan, Tahun Ini Serahkan 20 Unit Rumah
4 Direksi BUMD Bertekad Dongkrak PAD Rohil
Rohil Masih Butuh 5.000 Unit RLH, Bakal Dibangun Bertahap
Program Gemar Membaca, Rohil Segera Bangun Perpustakaan Hingga ke Desa
Para ASN di Rohil Dihimbau Ikuti Program Tax Amnesty
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved