Senin, 17/12/2018  
Puskesmas Ujung Tombak Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Advetorial Rokan Hilir - - Senin, 10/12/2018 - 16:06:55 WIB

ROHIL, situsriau.com- Keberadaan Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas bisa dikatakan sebagai bagian yang paling terdepan dalam upaya untuk peningkatan kesehatan bagi masyarakat.

Pelayanan Puskemas menjadi yang paling banyak diakses oleh masyarakat karena keberadaannya yang dekat di tengah dari kehidupan masyarakat. Sehingga sangat tepat bila disebutkan bahwa Puskesmas adalah ujung tombak dari terwujudnya pelayanan kesehatan sekaligus peningkatan derajat kesehatan bagi masyarakat.

Menyikapi hal itu Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir terus memberikan perhatian dalam upaya untuk mewujudkan keberadaan puskesmas yang sangat memadai. Langkah itu tidak hanya dalam hal keberadaan tenaga kesehatan sesuai dengan yang diperlukan dibandingkan dengan jumlah penduduk atau masyarakat yang menjadi cakupan wilayah puskesmas tersebut, dibarengi juga dengan peningkatan infrastruktur, pembenahan fasilitas, sarana prasarana yang diperlukan dalam kegiatan pelayanan medis dan sebagainya.

Berkaitan dengan itu Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus mengupayakan pembangunan gedung Puskesmas yang sangat memadai. Sampai pada saat ini telah banyak gedung puskesmas yang telah dibangun baik yang langsung dari bersumberkan pada APBD Tingkat Kabupaten, maupun diluar dari kabupaten seperti yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus atau DAK.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

Salah satu gedung puskesmas yang turut mendapatkan pembangunan adalah gedung Puskesmas Kecamatan Bangko yang berlokasi di Jalan Jambu Kecamatan Bangko.

Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp melakukan peninjauan pembangunan gedung puskesmas rawat inap turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan Dahniar MKes, serta Kajari Gaos Wicaksono SH MH, Dandim Letkol Inf Didik Efendi SIP, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, kebetulan dihari yang sama telah selesai melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10) kemarin.

Bupati berkeinginan mengetahui sejauh mana progres pengerjaan gedung yang dibangun dua lantai tersebut. "Kami meninjau pembangunan puskesmas rawat inap kecamatan Bangko pada hari ini, pembangunan sudah lama diprogramkan dan tahun ini baru terwujud," kata Suyatno.

Mengingat kecamatan Bangko adalah pusat pemerintahan katanya maka pelayanan kesehatan harus maksimal. Ia mengatakan saat ini keberadaan pasien di rumah sakit umum setiap saat ramai, dengan adanya puskemas rawat inap di Bangko diharapkan menjadi pilihan pasien untuk berobat selain di rumah sakit daerah.

"Saya sudah sampaikan ke dinas kesehatan, PPTK termasuk konsultan pengawas, rekanan agar sebelum akhir tahun rampung termasuk semua pengadaan alat kesehatan," katanya.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, termasuk S Syafri Adiman, orang tersenyum, orang berdiri dan janggut


Memang pembangunan puskesmas rawat inap sangat dibutuhkan, sehingga pasien dapat terlayani. Sebelum ini gedung yang lama kondisinya cukup memprihatinkan.

Bupati mengatakan beberapa puskesmas telah tersebar di kecamatan sedangkan untuk yang dikategorikan rawat inap dengan pembangunan yang memiliki biaya cukup besar karena pembangunan gedung yang relative lebih besar daripada sebelumnya terdapat di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Bangko dan beberapa kecamatan lainnya.

Mengapa puskemas menjadi perhatian karena menurut Bupati Rokan Hilir ini mengingat keberadaan dan fungsi puskesmas yang tak terlepas sebagai ujung tombak untuk pelayanan kesehatan ataupun medis bagi masyarakat. (Advertorial)





Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas
Surya Arfan: Jadikan Alquran Pedoman Hidup Sehari-hari
Pulau Jemur, Destinasi Wisata Andalan Rokan Hilir
Kerjasama Dispenda Rohil - Bank Riau Kepri, Bayar PBB-P2 Kini Bisa Online
Disdukcapil Rohil Permudah Warga Urus e-KTP Sesuai Surat Edaran Kemendagri
Jembatan Pedamaran Rohil Diresmikan Bersamaan Ritual Bakar Tongkang
Penguatan Peran Satpol PP Rohil, Upaya Pemkab Maksimalkan Penerapan Perda
Potensi Perkebunan Rohil Menjanjikan, Pemkab Dorong Petani Manfaatkan Lahan
Inilah Strategi Jitu Wabup Rohil Himpun Aspirasi Masyarakat
Mutasi, 8 Perwira Menengah di Polres Rohil Sertijab
Dukung Pemekaran Rokan Tengah, Ribuan Warga Padati Mubes di Tanah Putih
Berawal dari Guru, Kini Jamiludin Jadi Wakil Bupati
4 Direksi BUMD Bertekad Dongkrak PAD Rohil
Rokan Hilir Menuju Swasembada Pangan 2017
Pemkab Rohil Optimalkan Sektor Perikanan
SPAM Regional, Jawaban Atasi Krisis Air Bersih di Rokan Hilir
Tradisi Bakar Tongkang Rohil Bakal Tampil di TMII
Pemkab Rohil Apresiasi Program Bank Sampah, Berikan Mesin Pencacah Plastik
Komit Gali Potensi Qori Asli Daerah, Bupati Rohil Lantik Dewan Hakim MTQ ke XII
SPAM Regional Diyakini Mampu Atasi Krisis Air Bersih di Rohil
Pemkab Rohil Rutin Bangun Rumah Nelayan, Tahun Ini Serahkan 20 Unit Rumah
Para ASN di Rohil Dihimbau Ikuti Program Tax Amnesty
Rohil Masih Butuh 5.000 Unit RLH, Bakal Dibangun Bertahap
DPRD Rohil Dukung Pembinaan Qori Mulai Tingkat Kecamatan
Program Gemar Membaca, Rohil Segera Bangun Perpustakaan Hingga ke Desa
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved