Senin, 19 08 2019  
Rokan Hilir Bangun Masjid Muhammad Cheng Ho

Advetorial Rokan Hilir - - Senin, 13/05/2019 - 21:36:10 WIB


ROKAN HILIR, situsriau.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, Provinsi Riau akan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho. Pembangunan Masjid dengan arsitektur yang kental akan nuansa Tionghoa itu rencananya akan dibangun di Bagansiapiapi, yang rencananya juga dijadikan sebagai objek pariwisata religi.

Bupati Rokan Hilir, Suyatno mengatakan bahwa alasan dibangunnya Masjid Muhammad Cheng Ho di Bagansiapiapi kalau menurut sejarah bahwa yang membuka pertama Kota Bagansiapiapi itu adalah orang-orang dari Tiongkok, maka dia beranak pinak (mempunyai keturunan) di daerah itu. Makanya orang-orang keturunan Tionghoa banyak di Kota Bagansiapiapi, dan bahkan banyak juga yang sudah masuk agama Islam.

"Nah kita melihat berkaca mata dari situ seperti di Palembang ada Masjid Muhammad Cheng Ho, dan banyak lagi di Indonesia ini. Makanya kita tertariklah sesuai dengan sejarah," kata Suyatno.

Ia menyebutkan pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho di Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, tepatnya di belakang Pujasera segera dilaksanakan. "Jadi, pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini segera dilaksanakan dengan luas lahannya lebih kurang dua hektar," kata Suyatno usai meninjau rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho di Bagansiapiapi, Sabtu (30/3).

Suyatno mengatakan mengenai anggaran untuk pembangunan Masjid tersebut tidak ada masalah. "Kalau dihitung-hitung, anggaran pembangunannya sekitar Rp8 miliar, dan ini sumbangsih dari tokoh-tokoh masyarakat yang berada diluar Rokan Hilir. Dalam waktu secepatnya, peletakan batu pertama itu kita lakukan mungkin setelah lebaran," ujarnya.

Ia pun meminta agar lahan di lokasi pembangunan Masjid tersebut segera dibersihkan, supaya terlihat bersih dan ada keseriusan bahwa pemerintah daerah betul-betul ingin membangun Masjid Muhammad Cheng Ho, dan ini untuk yang kesekian kalinya di Indonesia.

"Masjid Muhammad Cheng Ho ada seperti di Palembang, Jakarta dan daerah lainnya. Di Riau ya Insya Allah mungkin di Rokan Hilir. Ini salah satu bentuk keseriusan kita dalam meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, kita harus serius membangun Masjid ini," ucapnya.

Dalam pembangunan nanti, Masjid Cheng Ho juga dilengkapi menara 25 tingkat dengan ketinggian mencapai 50 meter ke atas. "Ini kalau kita naik ke atas itu akan kelihatan Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya," kata Bupati.

Bukan hanya itu, di Masjid itu juga nantinya ada taman tempat orang wisata, Taman Pendidikan Al-Qur'an dan perpustakaan. "Jadi ini lengkap, di samping orang ingin beribadah juga berwisata. Akan kita tata betul-betul supaya ini jadi sebuah tempat yang indah, dijadikan objek pariwisata religius. Juga jalan-jalan yang menuju ke arah rencana pembangunan Masjid ini akan kita lebarkan nanti," katanya.

Bupati mengharapkan semua masyarakat Rokan Hilir khususnya Bagansiapiapi dan sekitarnya, untuk mendukung program rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini.

Bupati minta Dukungan DMI-BKPRMI terkait pembangunan Masjid Cheng Ho

Bupati Rokan Hilir, Suyatno mengharapkan dukungan Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Rohil, terkait rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho di Bagansiapiapi.

Suyatno, usai menghadiri pertemuan dengan Remaja Masjid Se-Kabupaten Rohil di Gedung Pertemuan H. Misran Rais, Selasa (2/4), mengaku sudah memaparkan tentang rencana program pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho kepada DMI bersama BKPRMI Rohil.

"Jadi spontan nampaknya kita mendapatkan dukungan. Ini maklumlah, kita membangun Masjid yang agak aneh bagi orang awam seperti bentuknya kelenteng. Tapi sebenarnya kan tidak kelenteng, itu kan hanya sebuah ciri khas saja, Cheng Ho," kata Suyatno.

Bupati berharap hal itu tidak perlu dipersoalkan lagi. Yang penting, kata dia, niat membangun Masjid Muhammad Cheng Ho itu bagaimana, tentu untuk kemaslahatan umat. "Tidak hanya umat kita yang sekitar 100 orang lebih yang mualaf itu, tapi secara umum boleh itu digunakan," ujarnya. (Advertorial)


Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas
Surya Arfan: Jadikan Alquran Pedoman Hidup Sehari-hari
Kerjasama Dispenda Rohil - Bank Riau Kepri, Bayar PBB-P2 Kini Bisa Online
Pulau Jemur, Destinasi Wisata Andalan Rokan Hilir
Disdukcapil Rohil Permudah Warga Urus e-KTP Sesuai Surat Edaran Kemendagri
Potensi Perkebunan Rohil Menjanjikan, Pemkab Dorong Petani Manfaatkan Lahan
Jembatan Pedamaran Rohil Diresmikan Bersamaan Ritual Bakar Tongkang
Dukung Pemekaran Rokan Tengah, Ribuan Warga Padati Mubes di Tanah Putih
Penguatan Peran Satpol PP Rohil, Upaya Pemkab Maksimalkan Penerapan Perda
Mutasi, 8 Perwira Menengah di Polres Rohil Sertijab
Inilah Strategi Jitu Wabup Rohil Himpun Aspirasi Masyarakat
SPAM Regional, Jawaban Atasi Krisis Air Bersih di Rokan Hilir
4 Direksi BUMD Bertekad Dongkrak PAD Rohil
Rokan Hilir Menuju Swasembada Pangan 2017
Pemkab Rohil Optimalkan Sektor Perikanan
Berawal dari Guru, Kini Jamiludin Jadi Wakil Bupati
Pemkab Rohil Apresiasi Program Bank Sampah, Berikan Mesin Pencacah Plastik
SPAM Regional Diyakini Mampu Atasi Krisis Air Bersih di Rohil
Komit Gali Potensi Qori Asli Daerah, Bupati Rohil Lantik Dewan Hakim MTQ ke XII
Pemkab Rohil Rutin Bangun Rumah Nelayan, Tahun Ini Serahkan 20 Unit Rumah
Tradisi Bakar Tongkang Rohil Bakal Tampil di TMII
Para ASN di Rohil Dihimbau Ikuti Program Tax Amnesty
Situs Sejarah di Bagansiapiapi Dikembangkan Jadi Objek Wisata
DPRD Rohil Dukung Pembinaan Qori Mulai Tingkat Kecamatan
Rohil Masih Butuh 5.000 Unit RLH, Bakal Dibangun Bertahap
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved